Pembangunan Rumah Sakit Berlian Kasih Tak Sesuai Dengan Site Plane Awal dan RTH


Kota, KORAN SUMEDANG
Pembangunan rumah sakit Berlian Kasih disebut tidak sesuai dengan Site Plane awal dan tidak adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH). Padahal, permasalahan tersebut sudah ada peneguran dari Instansi terkait, meski ijin rumah sakit Berlian Kasih itu sudah dianggap memiliki ijin lengkap, namun, persoalan RTH dan tidak sesuainya dengan Site Plane awal diduga ada perkeliruan dalam proses ijinnya.
Seperti dikatakan anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang, Zulkipli M Ridwan melalui pesan whatsapp menjelaskan dengan tegas, bahwa tempat parkir yang dipakai buat kios dan pengerjaan rumah sakit bukan standar yang diharuskan oleh Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia.
“Termasuk RTH tidak sesuai dengan yang diperbolehkan oleh aturan karena kurang dari 40 %, Site Plane yang tadinya tidak ada mushola tiba-tiba dibangun mushola tanpa merubah site plane yang diajukan dari awal. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang, perlu sidak dan bila perlu tutup kegiatan pembangunan RSU Berlian Kasih tersebut jika tidak belum memiliki ijin secara keseluruhan, dilihat dari RTH saja sdh tidak sesuai,” tegas Zilkipli saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.
Dikatakan Plt Kasie Lidik Sidik Bidang Penegakan Peraturan Perundang Undangan Daerah (PPUD) pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang mengatakan bahwa Bidang PPUD Satpol PP Kabupaten Sumedang dengan dasar kewenangan UU untuk melakukan penyelidikan dan penindakan non justisial terhadap pembangunan rs berlian kasih yang beralamat di jalur jalan Sumedang-Cirebon tepatnya di desa serang kecamatan cimalaka.
“Atas dugaan pembangunannya belum dilengkapi perijinan, namun setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pemiliknya, saudara Nathan Siahaan, yang bersangkutan bisa memperlihatkan dan membuktikan beberapa dokumen seperti ijin prinsip, ijin lokasi, IMB, Amdal lalin, UPL-UKL dan peta Site Plane yang di terbitkan tahun 2013,” jelas Dadi, saat dikonfirmasi melalui Whatsapp Jumat (31/8).
Namun, kata Dadi, di lokasi ada penambahan bangunan yang peruntukannya untuk mengakomodir para PKL yang berjualan tepat di depan lokasi rumah sakit, oleh karena itu disarankan agar segera memproses perubahan Site Plane sesuai Peraturan Menteri PUPR dan langsung berkoordinasi dengan dinas teknis, sebagai bentuk tindakan yang di lakukan terhadap yang bersangkutan diberikan pernyataan kesediaan untuk memprosesnya.
Dikonfirmasi Koran Sumedang Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang Kabupaten Sumedang Soni Nurgahara mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan pengawasan dan hasilnya pihak rumah sakit Berlian kasih terdapat ketidaksesuaian antara luas KDB.
“Hasil pengawasan Tata Ruang terdapat ketidaksesuaian antara luas KDB, RTH dalam pengesahaan Site Plane denga kondisi dilapangan dan tindak lanjutnya pihak rumash sakit tersebut sudah dipanggil oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang,”katanya dalam pesan singkatnya Jumat (31/8).**[Dady]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar