Tingkatkan Pelayanan DPMD Himbau Desa Prioritaskan SIDEKA

Tomo, KORAN SUMEDANG
Guna meningkatkan Standar Pelayanan Masyarakat (SPM). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang menghimbau agar Desa memprioritaskan pelatihannya perangkatnya untuk Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA).

Hal tersebut diungkapkan oleh
Seksi Bina Administrasi dan Penataan Desa pada DPMD Kabupaten Sumedang, Harun Mulyana mengatakan, saat ini dari 277 Desa dan kelurahan di Kabupaten Sumedang, saat ini baru Sepuluh Desa yang sudah menggunakan SIDEKA.

"Di Kabupaten Sumedang baru Sepuluh Desa yang menggunakan SIDEKA ini yaitu sembilan desa di Kecamatan Tomo dan satu desa di Kecamatan Cimalaka," tuturnya saat dikonfirmasi Korsum di saat usai menjadi nara sumber Pelatihan SIDEKA bagi Perangkat Desa se Kecamatan Tomo di Desa Marongge, Minggu (16/9).

Untuk itu, lanjutnya, saat ini pihaknya menghimbau kepada seluruh Desa di Kabupaten Sumedang agar memprioritaskan pelatihan atau pembinaan perangkatnya untuk menguasai SIDEKA.

"Sebab dengan SIDEKA ini bisa menunjang semua kegiatan di tingkat Desa, seperti Siskudis, Propil, Potensi Desa dan yang lainnya. Karena untuk mengerjakan  pembangunan desa kan harus kelihatan dulu Propil dan Siskudesnya. Itu yang menjadi dasar kegiatan ini harus diprioritaskan," tegasnya.

Harun juga mengatakan, saat ini banyak kegiatan peningkatan atau pembinaan untuk perangkat yang sifatnya monoton.

"Kalau selama ini kan kegiatan peningkatan dan pembinaan perangkat hanya untuk mengetahui tupoksi saja. Dan sebenarnya itu bisa dipelajari sambil melaksanakan tupoksinya," ujarnya

Harun juga menambahkan, untuk desa yang sudah menggunakan SIDEKA agar terus mengupdate semua apa yang berubah di desa. Karena dengan SIDEKA semua informasi di Desa bisa diikuti oleh masyarakatnya.

"Saya yakin semua perangkat Desa bisa menggunakan aplikasi SIDEKA ini. Karena selain berguna untuk desa, aplikasi ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, yaitu dengan mengupload semua potensi desa dan juga produk yang dihasilkan dari masyarakat," pungkasnya ** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar