Warga Sukajaya Pertanyakan RAB Rabat Beton Jalan

Kota, KORAN SUMEDANG
Sejumlah warga Dusun Kukulu Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, mempertanyakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rabat beton jalan yang dinilai tidak transparan.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya bahwa, warga sempat menanyakan terkait RAB ke pihak desa. Akan tetapi pihak desa enggan terbuka terhadap masyarakat terkait RAB tersebut.

"Kita hanya ingin ada keterbukaan dari pihak desa, pasalnya saat ini pekerjaan sudah dimulai. Sementara warga yang mengerjakan tidak tahu apa apa mengenai RAB. Dan untuk material juga yang mengadakan pihak desa. Yang ditakutkan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang ada di papan informasi," tuturnya saat dikonfirmasi Korsum, Rabu (5/9).

Sementara itu dikonfirmasi akan hal tersebut Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi Raspati mengatakan, pada pelaksanaan rabat beton tersebut pihaknya sudah transparan, dan untuk jumlah anggarannya juga sudah dipasang informasi di lokasi kegiatan.

"Kalau bertanya RAB tentunya itu ada di Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan saat pembuatan RAB itu sudah melibatkan ahli dan dalam pembangunan jalan tentunya kita sudah melibatkan dari Dinas PUPR," tuturnya saat dikonfirmasi Korsum diruang kerjanya.

Nenden juga menuturkan bahwa, pada papan kegiatan pihaknya sudah memberitahukan secara rinci dari jumlah anggarannya, jumlah swadaya masyarakat dan juga honornya.

"Dipapan kan jelas Anggarannya dari Dana Desa Rp. 48.762.000, swadaya masyarakat Rp. 11.690.000 dan Upah kerja Rp. 10.165.000. Yang perlu diketahui jumlah tersebut belum termasuk pajaknya, serat yang swadaya masyarakat itu tidak berbentuk uang, melainkan kerja masyarakat jika dinilai dengan uang. Sementara untuk upah kerja itu tidak ada pajaknya, dan baru tadi juga upah kerja baru diambil," akunya

Nenden juga menambahkan, dengan total anggaran tersebut itu untuk pembangunan rabat beton dengan panjang jalan 535 M di RW 5 dan semua pengerjaan dilakukan oleh TPK.

"Jadi untuk jumlah anggarannya itu untuk satu RW bukan RT, dan panjangnya juga sudah sesuai RAB. Sementara untuk teknis dilapangan itu harus sesuai dengan RAB walaupun dilapangan dibagi tiga titik yang penting panjangnya  harus sesuai RAB," pungkasnya ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar