Caleg Kampanye di Media Elektronik Diluar Jadwal, Terancam Pidana

Kota, Koran Sumedang
Penelusuran Koran Sumedang, beberapa waktu kemarin, ada salah satu caleg yang sudah beriklan di media elektronik lokal, lengkap dengan nomor urut, photo, maupun visi dan misi, berikut lagunya.
Sementara, sesuai aturan kampanye di media masa cetak maupun elektronik waktunya 21 hari menjelang masa tenang.

Dikonfirmasi Koran Sumedang, Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, bahwa sesuai dengan kapasitas dan kewenangan KPU terkait hal itu jika terjadi merupakan kewenangan Bawaslu.

“KPU dalam hal ini hanya sebatas menghimbau saja ketika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh caleg, penindakannya ada di pihak Bawaslu Kabupaten Sumedang,” ungkap Ogi, Jumat (12/10), di ruang kerjanya.

Dikatakan Ogi, dia meyakini bahwa KPU sebelumnya sudah melakukan sosialisasi berikut aturan secara hukum kepada semua bacaleg sebelum dirinya menjabat di KPU.

“Saya yakin bahwa para pimpinan KPU sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada semua bakal calon legislatif berikut aturan secara hukumnya. Jadi, KPU dalam hal ini hanya sebatas menghimbau saja dan melakukan Koordinasi dengan Bawaslu,” katanya.

Sementara, Dikonfirmasi Koran Sumedang Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang, Dadang Priatna, terkait ada salah satu pelanggaran yang dilakukan oleh caleg pihak Bawaslu sudah mengetahuinya.

“Kami sudah mengetahuinya terkait pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu caleg yang sudah beriklan di media elektronik lokal, dan hari ini kami akan melakukan rapat  Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dengan Kejaksaan dan Polres Sumedang,” ujarnya, Senin (15/10),  di ruang kerjanya.

Lebih jauh Dadang mengatakan, untuk saat ini sudah ada dua temuan pelanggaran yaitu caleg dan Media, hal tersebut akan di proses sesuai dengan aturan Bawaslu lebih jauhnya akan di Diskualifikasi tentunya dengan sanksi, tinggal menunggu hasil rapat Gakumdu nanti siang.

Seperti diketahui,  salahsatu caleg DPR RI dari Partai Gerindra, M Agung Anugerah, beberapa waktu kemarin telah menanyangkan iklan kampanye di SKTV.**[Dady]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar