Ratusan Siswa Antusias Ikuti Lomba LLA ke XIX Tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Se - Pulau Jawa

Situraja, Koran  Sumedang
Ratusan  siswa  Tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dari berbagai wilayah se- pulau Jawa  mengikuti kegiatan  Lomba  Lintas  Alam  (LLA) ke XIX di kampus  SMAN 1 Situraja Kabupaten Sumedang  Jawa Barat.

Selain dihadiri para peserta dari Gerakan Pramuka se-Pulau Jawa, Upacara Pembukaan LLA ke-19 juga, dihadiri tamu undangan yang terdiri atas Camat  Situraja H. Entis Sutisna,  yang mewakili Bupati Sumedang, unsur  perwakilan Forkopimda Kabupaten Sumedang, jajaran pengurus Kwarcab Sumedang, para pembina, dan tamu undangan lainnya.

Menurut  Panitia Pelaksana LLA  Ace Sadeli mengatakan , seluruhnya peserta mencapai 319 Regu. “pesertanya sekarang jauh lebih banyak yakni 319 regu per regu Terdiri dari  5 orang siswa jauh ketimbang tahun 2018 kemarin yang hanya sekitar 200 peserta” ujarnya.

Kegiatan bersifat kompetisi tersebut, lanjut Ace, berorientasi kepada peningkatan kualitas SDM, peningkatan ketahanan fisik dan mental, serta mengacu kepada pendidikan lingkungan yang posistif.

“Selain meningkatkan kepedulian akan kelestarian alam dan hutan, LLA bertujuan untuk meningkatkan ketahanan fisik dan mental anggota Pramuka, meningkatkan rasa cinta dan memiliki terhadap alam sekitar, dan mempererat tali persaudaraan antara anggota Pramuka pada khususnya dan pelajar pada umumnya,” tuturnya

Dalam sambutannya Camat Situraja H. Entis Sutisna atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Sumedang kepada seluruh peserta. “Pada dasarnya Pemkab Sumedang menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana mendapatkan pengalaman baru yang berimplikasi pada kualitas pembinaan generasi muda melalui peningkatan peran dan fungsi Gerakan Pramuka secara menyeluruh,” katanya.

Dikatakan, selain sebagai media silaturahmi serta menambah wawasan dan pengetahuan kepramukaan, LLA juga dipandang sebagai sarana memperkenalkan potensi alam yang ada di wilayah Sumedang dan mengagumi keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya. “Salah satu tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya berupa alam yang subur,” ujarnya.

Ia menambahkan, perlombaan tersebut merupakan bagian dari pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang disesuaikan dengan umur, psikologi, fisik, dan kemampuan individu. “Kegiatan ini diharapkan mampu memantapkan mental dan fisik anggota pramuka serta pengetahuan, dan keterampilan kepramukaan,” ucapnya.**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar