Antisipasi Pencegahan Bencana Pergerakan Tanah, Warga Cibugel Tanam Ratusan Pohon


 Cibugel, Koran Sumedang
Untuk mencegah bencana pergerakan tanah di Kecamatan Cibugel, Kepolisian Polsek Cibugel bersama masyarakat setempat melakukan penanaman ratusan pohon di Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jumat 16 November 2018.
Selain melakukan penanaman ratusan pohon, tampak terlihat petugas kepolisian dari Polsek Cibugel, aparat desa Jayamekar dan masyarakat setempat melakukan bersih bersih di lapangan desa Jayamekar yang menjadi tempat warga untuk beraktivitas.
 "Kegiatan ini selain untuk lingkungan daerah hijau supaya menghasilkan udara yang bersih, kegiatan tersebut pun merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dengab membersihkan sampah di sungai Cigunung dan juga dalam rangka melestarikan alam di wilayah Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel. Kami melakukam penanaman sebanyak 100 pohon, yakni pohon lengkeng, pohon Kihujan dan pohon beringin,” kata Kapolsek Cibugel, AKP. Asep Dedi
Ditambahkan Asep, kultur Desa Jayamekar diliputi pegunungan dan perkebunan, apabila tidak dijaga alamnya makan berpotensi akan terjadi longsor, kami mengimbau kepada masyarakat tentang arti pentingnya menjaga lingkungan sekitar terutama dengan penanaman pohon untuk mencegah tanah longsor dan juga untuk lingkungan daerah tetap hijau." pungkasnya.
dimintai tanggapannya tokoh pemuda setempat, Dadang Romansah yang juga sebagai Anggota DPRD Kabuapten Sumedang mengapresiasi kegiatan tersebut. "Saya sangat mendukung gerakan penanaman pohon tersebut. Cibugel yang asri harus dipertahankan bahkan ditambah keasriannya," paparnya.
Ia menambahkan, lingkungan yang bersih, alam yang indah harus diwujudkan di Cibugel. "Lingkungan yang bersih dan asri ini akan menjadi daya tarik wilayah tersendiri yang bisa kita jual selain fungsi lainnya untuk menjaga lingkungan dari ancaman bencana longsor dan pergerakan tanah di musim penghujan, pohon juga akan menciptakan iklim mikro yg lebih baik bagi lingkungan sekitar,” pungkasnya.**[F. Arif]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar