BPBD Sumedang, Waspadai 136 Titik Rawan Bencana di Sumedang


 Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mencatat ada 136 titik rawan bencana yang tersebar di Kabupaten Sumedang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Sumedang, Ayi Rusmana bahwa, wilayah Kabupaten Sumedang rentan terhadap bencana alam, terutama longsor, hal tersebut karena daerah sumedang merupakan daerah dengan topografi perbukitan.
"Kita mencatat ada 136 titik bencana di Sumedang yang tersebar di seluruh kecamatan. Dan 128 titik di antaranya rawan longsor. Sementara sisanya rawan banjir dan angin puting beliung," terangnya, saat dikonfirmasi Korsum, Kamis (15/11).
Lebih lanjut Ayi mengatakan, untuk daerah rawan banjir berada di Kecamatan Jatinangor, Cimanggung, dan sebagian wilayah Kecamatan Tomo yang merupakan daerah aliran sungai. Sementara potensi adanya angin puting beliung kemungkinan terjadi di daerah perbatasan dengan Kabupaten Subang seperti Tanjungmedar.
"Daerah yang rawan angin puting beliung, pihaknya berpatokan pada kejadian yang terjadi sebelumnya," akunya.
Ayi menuturkan, dengan datangnya musin hujan, pihaknya selalu standby dengan menyiapkan personel bila sewaktu-waktu dibutuhkan jika terjadi bencana. "Kami selalu siaga dengan tim URC (unit reaksi cepat) yang disiapkan untuk mengantisifasi bencana, sehingga ketika dibutuhkan siap meluncur," tuturnya.
Ayi juga mengatakan, tim URC BPBD ini selalu standbye, dimana dalam sehari dibagi dua shift dengan jumlah personil 7 sampai 8 orang per shiftnya. "Untuk personel dan perlengkapan yang ada di BPBD Sumedang saat ini memang masih kurang. Akan tetapi kita terus mengoptimalkan potensi yang ada. Dan Alhamdulilah, selama ini bisa ditanggulangi," akunya.
Memasuki musim penghujan ini, Ayi menghimbau, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terutama untuk lokasi rawan bencana. "Kita harus waspada, karena bencana tidak bisa diprediksi sehingga warga harus terus waspada," pungkasnya ** [Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar