Buka Pelatihan Koperasi Syariah, Bupati Tunaikan Salah Satu Janji 100 Hari Kerja

Kota, Koran Sumedang
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, ST, MM buka Pelatihan pembentukan Koperasi Syari'ah Mesjid Besar se-Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan diruang pertemuan Hotel Asri Asia Plaza Sumedang, Senin (5/11/2018). Pelatihan ini diikuti 84 orang peserta yang terdiri dari para calon pengurus koperasi syariah dari tiap masjid besar di 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan perdagangan kabupaten Sumedang H. Dadang Sukma,SH., M.Si, Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang H. Oo Ruhaendi Nurhara, Ketua Dewan Mesjid Indonesia H. firdaus, dan Narasumber pelatihan yang terdiri dari para pakar ekonomi syari'ah di Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, H. Dadang Sukma, SH., M.Si selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini agar para peserta memahami dasar-dasar perkoperasian hukum syari'ah dan hukum pengelolaan Koperasi syari'ah. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat membentuk lokasi koperasi syari'ah serta mengelola koperasi syari'ah berdasarkan prinsip-prinsip dan pola syari'ah.

Sesuai dengan yang telah diagendakan, lanjut Dadang, Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 5 november sampai dengan tanggal 8 November 2018. menurut rencana, pada hari kamis, usai melaksanakan pelatihan, para peserta juga akan melakukan kunjungan dalam rangka peningkatan wawasan ke koperasi syariah berbasis mesjid di wilayah Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, ST., MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas inistiaf Dinas Koperasi yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan Pembentukan koperasi syariah sebagai salah satu program unggulan Sumedang Simpati.

Terimakasih atas kerja keras dan inisiatifnya. Tentunya saya selaku Bupati Sumedang, merasa bahagia, karena hari ini, salah satu janji 100 hari kerja yang terbungkus dalam visi misi Sumedang Simpati bisa dilaksanakan” ungkap Bupati.

Bupati mengatakan, bahwa program Koperasi syariah yang menjadi program unggulannya ada persinggungan dengan program provinsi yaitu Kredit Mesra Mesjid Sejahtera yang digagas oleh Ridwan Kamil.

Jadi suportnya tidak hanya kabupaten saja tetapi dengan program Provinsi pun nyambung sehingga ada sinergi dan kolaborasi” ucap Bupati

Bupati juga mengharapkan melalui program Koperasi syariah ini, fungsi mesjid sebagai wadah pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat dapat memberikan solusi kepada masyarakat untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan usahanya.

Kerkaitan dengan fungsi ekonomi, saya mengharapkan mesjid dapat menjadi solusi untuk mengatasi persoalan rumah tangga. Selama ini, sebagian masyarakat sulit untuk mendapatkan modal sehingga akhirnya terjerumus rentenir. Dengan program ini, mudah mudahan dapat memberikan solusi, sehingga masyarakat dekat dengan mesjid dan masyarakat bisa mengembangkan usaha dibantu permodalannya oleh koperasi syari'ah. Insya AllahMesjidnya makmur rakyatnya sejahtera” ucap bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan kepada para peserta untuk tetap fokus dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan pelatihan sehingga dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

 “Saya berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, pikiran dan hati kita harus hadir disini , artinya saudara-saudara harus fokus mengkuti kegiatan ini, jangan setengah setengah. setelah dilatih praktekan di lingkungan dan mesjidnya sehingga sehingga hasil dari pelatihan ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat” pungkasnya.
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar