Data Sidalih dan Manual Belum Sinkron Bawaslu Enggan Tetapkan DPTHP Tahap Kedua

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumedang belum mau menandatangi hasil rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke II yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang. Pasalnya belum ada kesingkronan antara Sistem Data Pemilih (SIDALIH) dan data manual.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sumedang, Dadang Priatna bahwa, data yang diterima Bawaslu dari hasil Rakor sinkronisasi  DPTHP tahap II dengan data yang disampaikan KPU saat ini di Sidang Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP kedua.

"Kurang lebih ada Sembilan Kecamatan yang datanya tidak sama antara hasil rakor sinkronisasi dan yang disampaikan saat ini," tuturnya saat dikonfirmasi sejumlah awak media, disela sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP Tahap Kedua yang dilaksanakan di Aula Rapat KPU, Selasa (13/11).

Untuk itu lanjut Dadang, Bawaslu tetap akan berpegangan pada BA Plano atau Data manual itu harus singkron dengan SIDALIH.

"Saat ini rapat pleno masih di skor, dan apabila data SIDALIH belum masuk semua dari kecamatan, maka kita belum menyetujui penetapan DPTHP tahap kedua saat ini," pungkasnya

Ditempat yang sama Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan antar Lembaga pada Bawaslu Sumedang, Haidar Usman mengatakan, idealnya hasil BA pleno itu harus sama dengan SIDALIH.

"Sampai saat ini kita masih kordinasi dengan para pimpinan lainnya untuk mengambil langkah seperti apa yang paling tepat. Dan kita berharap input data ke SIDALIH harus selesai hingga rapat pleno ini disudahi," tuturnya

Haidar juga mengatakan, bagi Bawaslu kepentingan SIDALIH itu tentu karena hasil dari berita acara hasil pleno ini harus sama dengan lampirannya.

"Hari ini data SIDALIH belum masuk semua, ya kita lihat saja nanti gimana kelanjutannya. Kalau data SIDALIH belum masuk semua, kita belum bisa menyepakati hasil pleno DPTHP tahap kedua ini," pungkasnya

Hingga  berita ini diturunkan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTHP tahap Kedua masih berlangsung dan belum ada penetapan DPTHP. ** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar