Diprediksi, Kuota CPNS Tidak Terpenuhi


Kota, Koran Sumedang

Akibat banyaknya peserta tes CPNS yang tidak lolos pada seleksi CPNS Kabupaten Sumedang yang digelar di gedung Sport Jabar Rancamanik Bandung kemarin (12-13 Nov), diprediksi kuota CPNS untuk Kabupaten Sumedang tidak akan terpenuhi.
Tes CPNS standar nasional dengan materi soal dibuat konsorsium 18 perguruan tinggi itu, banyak peserta tes gugur tidak terpenuhi angka Passing Gread yang ditetapkan. “Karena banyak peserta tes tidak lulus, maka Passing Gread itu sedang dievaluasi BKN dan Menpan,” kata Kepala BKSDM Kabupaten Sumedang, Endi Ruslan, di ruang kerjanya, Kamis (15/11).
Sebab yang menentukan angka Passing Gread 298 itu pihak Menpan, yakni Permen nomor 37 2018 yang masing-masing tahap tidak boleh kurang. “Dari Sumedang sekitar 3800 pendaftar CPNS, namun hasil Tes Kompentensi Dasar (TKD) hanya 20% atau sekitar 80 orang lolos,” ujarnya.
Dari 80 peserta lolos, lanjut Endi, akan dijaring kembali melalui tes tahap 2 yakni Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang dipastikan dari 80 orang itu akan terus berkurang. Sehingga kuota 430 CPNS untuk Sumedang akan mengalami kekosongan berbagai formasi.
“Dipastikan formasi itu akan kosong peserta, karena banyak yang gugur.  Evaluasi Menpan tentang Passing Gread itu, apakah nanti akan diambil 3 ranking atau Passing Greadnya dinaikan, tapi Permerpanya harus dirubah dulu,” sebutnya.
Sebab, lanjutnya, kuota 430 CPNS untuk Sumedang itu sudah dipersiapkan anggarannya (DAU) karena berorientasi kepada PNS yang pensiun tahun 2018 yang jumlahnya sekitar 430 orang sebagai tambal sulam.
Seleksi CPNS kemarin ‘terjun bebas’ banyak peserta tes yang gugur. Namun ke-80 peserta yang lolos TKD kemarin akan diumumkan dan dipanggil melalui situs BKN yakni Portal SSCN untuk mengikuti seleksi selanjutnya yakni Tes Kompentensi Bidang (TKB).
Ditempat terpisah, salah seorang peserta testing CPNS yang enggan disebut namanya, mengaku soal pertanyaan tes sangat sulit, bahkan seratus materi pertanyaan dibatasi waktu sangat singkat. Namun peserta tes mengaku sedikit lega karena dinyatakan lolos.
“Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) Passing Gread 75, saya raih 90. Tes Intelegensia Umum (TIU) Passing Gread 80, saya raih pas 80. Tes Karaktristik Pribadi (TKP) Passing Gread 143, saya raih 147. Sehingga raih total Passing Gread 317 melebihi Passing Gread 298 yang ditetapkan,” tuturnya.**[yf saefudin]



Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar