Kapolres Ingatkan Semua Pihak Harus Siap Antisipasi Kemungkinan Bencana

Kota, KORAN SUMEDANG
Guna mengantisipasi potensi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang.
Polres Sumedang bersama instansi terkait lain seperti, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Badan Sar Nasional (Basarnas),Tagana dan Palang Merah Indonesia (PMI) lainnya menyiagakan personilnya dan melakukan simulasi cara evakuasi korban bencana.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo S.I.K menyampaikan, penanggulan bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, meski leading sektor berada di BPBD dan Basarnas. namun, semua pihak harus turut mendukung dan membantu sepenuhnya.

"Ya apel ini guna menyiagakan seluruh pihak terkait apabila terjadi bencana. Tapi tentunya kita tidak menghendaki itu dan mudah mudahan di Kabupaten Sumedang tidak terjadi bencana apapun," tuturnya pada sejumlah awak media, usai Apel Siaga Bencana di halaman Mapolres Sumedang, Jum'at (16/11).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, jika ada kejadian atau peristiwa bencana, siapa saja yang mengetahuinya harus segera membantu sejak dini hingga evakuasi terakhir.

"Oleh karena itu, dengan adanya simulasi bagaimana cara mengevakuasi korban bencana yang terjebak dalam sebuah bangunan oleh personil tim SAR gabungan, menunjukkan kesigapan kita dalam penanggulangan bencana. Dan cara mengevakuasi korbannya," tegas Kapolres

Kapolres juga menambahkan, dalam pengerahan personil pun disesuaikan dengan kondisi yang ada.

"Intinya personil harus sudah siap untuk terjun membantu apabila terjadi bencana alam di Sumedang," pungkasnya

Sementara itu pada Apel siaga Bencana tersebut selain diikuti personil jajaran Polres Sumedang juga anggota TNI dari Kodim 0610, Batalyon Raider 301 Prabu Kian Santang, Basarnas, BPBD dan instansi terkait lainnya. ** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar