KPU Sumedang Tunda Penetapan DPTHP Tahap Dua


 Kota, KORAN SUMEDANG
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang akhirnya menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang, untuk menunda penetapan DPTHP Tahap kedua. Karena belum sinkronnya data antara manual dan Sistem Data Pemilih (SIDALIH).
Hal tersebut, diungkapkan oleh Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Sumedang, Ade Sunarya, bahwa pihak Bawaslu memang membuat rekomendasi ke KPU untuk menunda penetapan rekapitulasi DPTHP tahap kedua karena data manual dan SIDALIH belum singkron.
“Pada saat rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTHP tahap kedua, kemarin kita tidak mengikuti sampai selesai. Karena harus melakukan pleno di Bawaslu dan menyampaikan rekomendasi ke KPU untuk menunda penetapan tersebut,” tuturnya, saat dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (15/11).
Alasan Bawaslu meminta penundaan penetapan DPTHP tahap kedua tersebut, lanjut Ade, karena Bawaslu khawatir jika data Manual dan SIDALIH tidak sinkron, akan ada hak pilih yang tidak terakomodir. "Kalau tidak terakomodir kan bisa ada sangsi ke pidana Pemilu. Dan alhamdulillah kemarin pihak Bawaslu menerima berita acara dari KPU yang isinya menunda rekapitulasi dan penetapan pleno," pungkasnya.
Ditempat terpisah Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, mengatakan, kemarin itu merupakan Rapat Pleno Rekapitulasi DPTHP tingkat kecamatan. “Dan saat rapat pleno tersebut Bawaslu menginginkan lampirannya berupa sidalih,” tuturnya.
Ogi berpendapat, pada saat pleno tersebut dilaksanakan, bertepatan dengan adanya gangguan Sidalih. Dan untuk itu KPU Sumedang menindaklanjuti surat rekomendasi dari Bawaslu dan untuk menunda penetapan DPTHP, hingga Data Sidalih benar-benar terinput semua. “Alhamdulillah saat ini sudah 95 persen yang terinput. Nanti tahap selanjutnya apabila 100 persen, kita tinggal mengadakan pleno menetapkan saja,” tandasnya.**[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar