Marongge Waspadai Banjir Musiman


Tomo, Koran Sumedang
Masyarakat Dusun Nagrak Desa Marongge Kecamatan Tomo patut waspada memasuki musim hujan. Pasalnya, wilayah tersebut rawan terkena banjir musiman.

"Meski sekarang ini masih kering, tapi masyarakat harus tetap waspada terkena banjir musiman," ujar Kepala Desa Marongge, Toto, saat berbincang dengan Koran Sumedang, belum lama ini.

Biasanya, kata dia, saat musim hujan puluhan hektar areal pertanian di wilayah Dusun Nagrak diterjang banjir. Selain merendam areal pertanian milik petani, banjir juga menyebabkan akses jalan tergenang sampai memutus akses di sentra-sentra komoditas pertanian. Akibatnya, pedagang yang melakukan pengiriman hasil pertanian seperti sayur-sayuran mengalami kerugian.

"Hasil tani terancam gagal panen. Petani akan merugi karena tidak bisa panen akibat banjir ini," jelasnya. Toto menuturkan, sejumlah petani sebelumnya pernah mengalami kerugian serupa akibat banjir yang terjadi dan berlangsung selama beberapa hari.

"Kondisi ini membuat hasil tani tidak bisa bertahan lama, karena hasil tani jadi rusak dan busuk, sehingga tidak laku dijual," sebutnya.

Disebutkan Toto, hasil pertanian yang dikirim ke beberapa daerah jumlahnya cukup besar. Dalam sehari, produk sayuran dari Desa Marongge yang dikirim ke Bandung dan Majalengka ini memcapai ton-an/hari.
"Adapun hasil pertanian dari Desa Marongge ini di antaranya cabai, kubis, labu, tomat, kentang, wotel dan jenis sayuran lainnya," paparnya.

Banjir disebabkan karena adanya penyempitan selokan dari hutan yang menuju Dusun Nagrak. Sehingga, air meluap ke lahan pertanian dan sebagian rumah warga.

"Setiap musim hujan kejadian seperti ini pasti ada. Karena adanya penyempitan aliran air/selokan yang menuju ke pemukiman. Jadi warga diharapkan waspada menjelang musim hujan," pungkasnya. **[F. Arif]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar