Sinergitas Renja dengan RPJMD Menyatu dalam Visi Misi Bupati


Kota, KORAN SUMEDANG
Dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang mengacu pada penjabaran Visi Misi, serta program  untuk jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan perlu disusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah di Kabupaten Sumedang, dengan Visi Misi Sumedang Simpati 2023.

Dengan leading sektor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) dan dihadiri para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sumedang, melaksanakan kegiatan Pemaparan Rancangan Awal Renstra SKPD Tahun 2018-2023 yang dimaksudkan untuk penyempurnaan Rancangan teknokratik RPJMD tahun 2019-2023 bertempat di Ruang Rapat Tajimalela Bappppeda, Rabu (31/10).

Rapat dipimpin langsung Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, yang mengapresiasi bahwa kegiatan ini sangat strategis dalam perencanaan 5 tahun kedepan sehingga ada gambaran dari para Kepala SKPD rencana strategis tahun 2019-2023 dalam mewujudkan Visi dan Misi Sumedang Simpati.

"Saya berharap Bapak dan Ibu pada saat pemaparan dapat memberikan gambaran kepada saya tentang posisi SKPD dalam mewujudkan Visi Misi Sumedang Simpati tahun 2023 dari program dan kegiatan yang akan dilaksanakan selama 5 tahun kedepan tidak hanya tergantung pada pendanaan dari APBD Kabupaten. Dengan telah terintegrasinya E-Planing dan E-Budgeting maka dokumen perencanaan harus dijadikan acuan dalam pencapaian target pembangunan daerah,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan secara simbolis DPPA perubahan APBD tahun 2018 oleh Bupati Sumedang kepada Dinas PUPR, Bappppeda, Kesbangpol, dan Kecamatan Sumedang Selatan.

Hal senada Disampaikan oleh Plt. Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati terkait dengan penyampaian renja dari tiap Kepala OPD Kabupaten Sumedang kepada Bupati Sumedang sebagai bahan penyusunan rancangan RPJMD.

“Penyampaian renja oleh tiap kepala OPD Kabupaten Sumedang sebagai dasar rancangan RPJMD lima tahun kedepan yang bersinergi dengan visi misi Bupati Sumedang. Jadi, sebagus apaun RPJMD apabila breakdown terhadap renja masing masing OPD Kabupaten Sumedang hal tersebut tidak akan berarti apa apa karena visi misi Bupati Sumedang itu harus di bidik oleh setiap SKPD,” jelas Hj. Tuti.

Dengan penyampian renja kepada Bupati Sumedang, kata Hj. Tuti, itu harus dipastikan setiap kepala OPD tersebut sudah membidik visi misi Bupati Sumedang, sehingga visi misi Bupati Sumedang yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan kreatif itu akan terwujud pada tahun 2023.

“Tujuan utamanya itu adalah tiap tiap SKPD dalam setiap program kerjanya harus bisa menyatu dengan visi misi Bupati Sumedang, kegiatan dalam penyampaian renja kepada Bupati Sumedang tadi itu, hasilnya sangat bagus sekali, ternyata setiap SKPD itu sudah bisa menjabarkan visi misi terhadap tujuan, sasaran, arah kebijakan, program dan kegiatan masing-masing SKPD dan hal itu diikat dalam Ranja dan RPJMD,” tuturnya.**[Dady]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar