Tangani Permasalahan Sampah DLHK Bentuk URC Penanganan Sampah

Kota, KORAN SUMEDANG
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang, membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) Penanganan Sampah. Guna menunjukkan keseriusannya untuk mengatasi permasalah sampah dan kebersihan di Wilayah Kabupaten Sumedang.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Kebersihan pada DLHK Kabupaten Sumedang, Ayuh Hidayat mengatakan, pencanangan gerakan Sumedang bersih, unit reaksi cepat (URC) sampah telah terbentuk guna menangani keluhan masyarakat akan masalah kebersihan. Dan guna mempermudah masyarakat menyampaikan keluhan terkait permasalahan sampah, telah dibentuk dengan lebih modern yakni dengan menggunakan call center.

"Ketika kita menerima informasi atau laporan, operator akan mengintruksikan URC untuk ditindaklanjuti," tuturnya di sela kegiatan BBGRM, Jum'at (9/11).

Lebih lanjut, Ayuh mengatakan untuk saat ini wilayah perkotaan menjadi target penyisiran URC. Meski demikian tidak menutup kemungkinan jika di daerah diperlukan, pihaknya akan mengakomodir hal itu kedepannya.

"Saat ini kita masih diseputar kota sumedang dulu. Akan tetapi kedepannya kalau memang diperlukan ditingkat daerah lainnya. Insyaallah kita akan kembangkan," ucapnya

Sementara saat ini jumlah tim URC, lanjut Ayuh, berjumlah 10 orang namun jika kondisi dilapangan cukup berat maka akan dibantu dengan petugas gabungan yang ada. Dan untuk memudahkan kerja tim URC, alangkah lebih baik jika di beberapa titik rawan pembuangan sampah liar dipasangi CCTV.

"Seperti contoh di jembatan Rancapurut kita pagar agar bisa menghambat masyarakat yang membuang sampah ke sungai, jadi mengapa tidak jika dipasangi CCTV. Perdanya sudah ada, sanksi juga sudah terpampang jelas yakni kurungan 3 bulan hingga denda 500 juta (perda nomor 2 tahun 2014),"sebutnya

Ayuh juga menambahkan, untuk sarana dan prasarana URC saat ini, yaitu motor pengangkut sampah sebanyak 10 unit, 2 unit mobil kecil, dan 1 unit truk. Untuk itu diharapkan melalui URC ini Sumedang juga bisa disikapi oleh semua pihak termasuk masyarakat sekitar.

"Masalah kebersihan itu tidak cukup ditanganai oleh tim URC saja, kesadaran masyarakat juga menjadi tolak ukur terwujudnya Sumedang bersih sesuai visi misi Pa Bupati," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar