Kembali, Baznas Salurkan Dana ZIS

Kota, Koran Sumedang
Roadshow BAZNAS di 26 Kecamatan se-kabupaten Sumedang terus berlanjut. Setelah sebelumnya, penyaluran santunan ini dilaksanakan di Kecamatan Darmaraja dan Paseh. kali ini giliran para mustahik di Kecamatan Cimalaka dan Cisarua yang menerima penyaluran dana ZIS dari BAZNAS kabupaten Sumedang, senin (3/12/2018).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan kepada para Penerima santunan di masing masing kecamatan. Total santunan yang disalurkan BAZNAS untuk Kecamatan Cimalaka, sebesar 104.800.000. Sedangkan untuk bantuan yang di berikan BAZNAS kepada Kecamatan Cisarua total keseluruhan sebesar Rp.210.000.000.

Bantuan ini diperuntukan untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), santunan kepada anak yatim sebanyak 5 anak/desa berupa perlengkapan sekolah dan uang tunai, biaya pendidikan pada siswa sekolah, bantuan pada pondok pesantren, sarana keagamaan dan paket sembako kepada kaum dhuafa  (20 KK /desa).

Dihadapan Wakil bupati, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Bajri dalam laporkannya menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban BAZNAS dalam menyalurkan Zakat Infaq dan Shodaqoh. Lanjut dikatakan Ali, kegiatan ini merupakan bentuk aktualisasi dukungan BAZNAS terhadap program Bupati dan Wakil Bupati Sumedang dalam mewujudkan Visi Sumedang Simpati.

“Baznas merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah, untuk itu, dalam rangka Syiar islam dan kaitannya dengan Program Bupati dan Wakil Bupati Sumedang dalam mewujudkan Visi Sumedang Simpati khususnya dalam mensejahterakan masyarakat. Kami mempunyai kewajiban mengembalikan dana tersebut untuk disalurkan di 26 kecamatan se-kabupaten Sumedang. Mudah-mudahan program ini terselesaikan di bulan Desember” kata Ali.

Sementara itu Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan,  mengapresiasi atas pencapaian dan prestasi yang telah diraih BAZNAS dalam meningkatkan dan mengembangkan zakat di kabupaten Sumedang.

“Sesuai dengan tupoksinya di bidang pengelolaan Zakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, BAZNAS telah menunjukan peran dan fungsinya dengan baik dan hasilnya sesuai ekspektasi pemerintah  yang dibuktikan dengan berbagai torehan prestasi yang diraih baznas di ajang regional maupun nasional” ujar wabup.

Dalam kesempatan tersebut Wabup mengingatkan, agar para pengurus BAZNAS untuk terus meningkatkan pengelolaan zakat secara konsisten dan berkesinambungan melalui berbagai inovasi dan pemantapan program kerja dalam pengumpulan maupun pemberdayaan zakat yang tepat guna dan tepat sasaran. Disamping itu, ia juga berpesan agar BAZNAS senantiasa menjaga dan meningkatkan akuntabilitas serta transparansi dalam pelaksanaan kinerja untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan baik pemerintah maupun masyarakat

Diakhir sambutannya, bupati berharap penyaluran Zakat tersebut akan berdampak luas langkah solutif pemecahan berbagai masalah yang ada di masyarakat.

“Penyaluran zakat pada hari ini tentunya bukan semata-mata memberikan zakat konsumtif, namu lebih kepada zakat produktif dengan sistem pemberdayaan berkelanjutan dan nilai manfaatnya. Insya Allah akan berdampak luas untuk penerima santuan dan menjadi solusi pemcahan masalah yang ada di masyarakat” pungkasnya

Hadir mendampingi Wakil Bupati, Wakapolres Sumedang Kompol Sigit, Camat Cimalaka Asep Aan beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cimalaka, Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang H. Ali Bajri, Para Kepala Desa dan Para pengurus UPZ se-kecamatan Cimalaka dan Cisarua.**(F. Arif/Hms Baznas)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar