Jatigede, Korsum
Hampir dibeberapa kecamatan di Kabupaten Sumedang mendapatkan giliran adanya Samsat keliling. Namun untuk Kecamatn Jatigede belum pernah didatangi atau mendapatkan jadwal. Hal itu, dikatakan Lili Rahli (51), warga Jatigededi di kediamannya, Selasa (15/7).
Dikatakan Lili Rahli, Sepengetahunya belum pernah sekalipun Samsat keliling datang kemari, padahal hal itu akan sangat membantu masyarakat yang ada disini.
“Saya akan membayar pajak kendaraan bermotor milik saya, tapi karena banyaknya pekerjaan yang saya kerjakan dan jauhnya jarak tempuh ke tempat pembayaran jadi sampai saat ini saya belum bisa membayarnya,” katanya.
Ia berharap Samsat keliling datang ke wilayah Jatigede sebab hal itu akan sangat membantu warga untuk membayar pajak kendaraan bermotor.
Sementara Kasi Penarikan dan Penagihan Samsat, Andang membenarkan, banyak permintaan dari masyarakat di beberapa kecamatan yang belum terkover oleh jadwal Samsat Keliling.
“Kendalanya kita kekurangan sarana dan peralatan, juga personil. Makanya beberapa kecamatan terdekat kita tarik ke kecamatan yang terjadwalkan. Seperti Jatigede, Ujungjaya, Tomo, Buahdua itu kita tarik ke Conggeang,” jelasnya, Jumat (21/7), melalui sambungan ponselnya.

Namun begitu, Andang mengatakan, pihaknya sedang menyusun untuk melakukan samdong (samsat gendong) di tempat-tempat yang belum terjangkau oleh samkel (samsat keliling).**[F.Arif]