Koramil Tanjungkerta Sulap Sampah Menjadi Pupuk

Tanjungkerta, Korsum
Koramil 1003 Tanjungkerta Kabupaten Sumedang memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi pupuk organik. Hal tersebut disampaikan Danramil Tanjungkerta Kapten Infanteri Lillo Wijaksono disela-sela sosialisi dengan sejumlah masyarakat beserta unsur muspika Rabu(31/1)di Aula kantor kecamatan Tanjungkerta. "Hari ini kami menggelar kegiatan pengelolaan serta pemanfaatan sampah rumah tangga yang selama ini sampah tersebut dianggap tidak bermanfaat," ungkap Danramil 1003 tanjungkerta kapten infanteri lilo witjaksono.

Danramil mengatakan, sampah rumah tangga tersebut bisa saja jadi berbahaya ketika dibiarkan menumpuk begitu saja, tetapi dalam sosialisasi ini dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadikan sampah tersebut sebagai teman, bahkan bisa menjadi nilai ekonomis yaitu dengan cara mengolahnya menjadi pupuk organik.

"Sampah rumah tangga tersebut nanti bisa dipisahkan antara organik dan non organik, kemudian bisa kita olah menjadi pupuk berjenis mikroorganisme lokal (MOL) dengan menggunakan campuran diantaranya air beras, air kelapa, dan gula merah yang disatukan dengan sampah organik seperti sayuran busuk, buah-buahan busuk, selanjutnya bahan tersebut dimasukan kedalam wadah dan di tutup rapat, kemudian didiamkan selama 14 hari untuk menjdi sebuah pupuk cair." ujar nya.

Lebih jauh Danramil mengatakan, kegunaan pupuk tersebut selain untuk sayuran juga bisa untuk menyuburkan buah-buahan.

"Saya juga akan memerintahkan anggota babinsa di masing-masing desa untuk mensosialisasikan pemanfaatan sampah tersebut supaya masyarakat itu selain dilingkungannya bersih dari sampah juga mereka mempunyai mamfaat serta nilai ekonomis yang mereka hasilkan nantinya." Jelasnya.


Ia berharap dari hasil kegiatan tersebut masyarakat bisa lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama masalah pengolahan sampah, dan mereka bisa menjadikan sampah tersebut menjadi nilai yang sangat bermamfaat. [F.Arif|Pendim]
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment