Kota, Korsum
Pjs Bupati Sumedang Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto meminta seluruh ASN Kabupaten Sumedang  agar selalu menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Sumedang 2018.
“Saya berpesan kepada seluruh aparatur untuk lebih berkonsentrasi untuk menjaga diri sendiri karena faktor netralitas  saudara-saudara sebagai ASN dalam pelaksanaan pilkada sangat dicermati dan disorot oleh berbagai pihak. Itu sangat berdampak luas, sebab tidak hanya kepada ASN yang bersangkutan tetapi juga kepada para calon yang akan mengikuti pilkada. Karena itu, kita harus saling mengingatkan, saling menjaga agar unsur netralitas kita tetap terjaga”. tegasnya, Senin (26/2) di Gedung Negara.
Terkait  ketertiban dan ketentraman terutama  penyebarluasan informasi tidak benar atau berita hoax, Sumarwan mengatakan, ini sudah menjadi tugas segenap aparatur dalam mengeliminir hal tersebut agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.
“Ketertiban dan ketentraman itu menjadi jaminan kita sebagai aparatur, baik itu berupa fisik maupun non fisik. Contohnya, penyebarluasan informasi yang tidak benar (hoax). Kita sebagai aparat adalah orang-orang yang diberikan amanah. Kita  harus bisa menjaga dari hal-hal  tersebut, dengan mengeliminir, mereduksi bahkan menghilangkan informasi yang dapat menimbulkan keresahan dimasyarakat," ujarnya.
Sumarwan menambahkan, terkait pengelolaan keuangan, peraturan daerah, dan masalah penataan kepegawaian di Kabupaten Sumedang, semua itu harus dilaksanakan apabila seijin menteri dalam negeri.
"Saya rasa untuk saat ini belum perlu dilakukan hal itu. Kita tetap stay pada posisi masing-masing. Mari kita kaji kita laksanakan sesuai dengan komitmen yang ada," katanya.
Sumarwan mengharapkan agar para ASN di kabupaten Sumedang  dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya serta dapat membantu dirinya dalam menjalankan tugas sebagai Pjs. Bupati Sumedang.
Mudah-mudahan semuanya tetap siap, tetap waspada, tetap berhati hati menjalankan seluruh tugas.
"Saya mohon bantuan serta dukungannya karena masih banyak yang harus saya kenal. Prinsipnya, saya mendukung program-program yang sudah ditetapkan. Semoga kita tetap diberikan kekuatan menjalankan amanah dengan sebaik baiknya. Kita adalah sebelas ribu orang dari satu koma dua juta penduduk Sumedang yang diberikan amanah. Satu koma dua juta penduduk Sumedang menyerahkan amanahnya kepada sebelas ribu ASN di Sumedang. Itu adalah amanah mereka. Mudah mudahan Sumedang semakin maju sebagaimana harapan masyarakat.” pungkasnya.**[hendra]