Sinkronisasikan Perencanaan T.A 2019

 Kota, Korsum
Sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) melakukan sinkronisasi dan mensinergikan perencanaan pembangunan dengan penganggaran.
"Tujuannya, untuk menyamakan persepsi tentang visi, misi, strategi, kebijakan tujuan, sasaran, program dan kegiatan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel," kata Kepala Bappppeda, H. Sanusi Mawi, Kamis (1/2), di Aula Tampomas Gedung IPP.
Menurut Sanusi, setelah Rakor Perencanaan Pembangunan Kabupaten Sumedang Tahun 2018, akan dilaksanakan sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) untuk penyusunan RKPD 2019. Tahapan pelaksanaan musrenbang meliputi desa/kelurahan, musrenbang kecamatan, forum SKPD serta musrenbang kabupaten.
“Kami mengharapkan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat menghasilkan dokumen RKPD tahun 2019 yang dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Bupati Sumedang, Eka Setiawan mengatakan, perencanaan pembangunan merupakan sebuah mekanisme perencanaan yang ada di daerah, sekaligus mekanisme untuk mempertemukan usulan/kebutuhan masyarakat dengan yang diprogramkan pemerintah.
“Idealnya, pelaksanaan rakor ini bisa melibatkan masyarakat atau pemangku kepentingan, mulai dari tahapan proses, penyusunan dan pelaksanaan serta secara bersama-sama memikirkan bagaimana mengimplementasikan hasil musyawarah untuk kepentingan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.
Eka berharap, rakor ini dapat menghasilkan perencanaan yang konsisten dan komprehensif serta dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Sementara Kabid Penelitian Pengembangan dan Evaluasi Pembangunan pada Bappppeda, Mulyani Toyibah menyebutkan, RKPD Tahun 2019 seharusnya berdasarkan RPJMD Tahun 2019-2023. Tetapi karena RPJMD belum ada, jadi mengacu kepada sasaran pokok RPJPD Tahun 2005-2025, yang terdiri dari 5 sasaran pokok dan dijelaskan oleh 23 fokus.
“Sesuai hasil kajian dari Bappppeda, pada tahun 2019 pembangunan difokuskan pada pemantapan kualitas dan produktivitas sektor produksi unggulan termasuk pertanian, pengembangan potensi daerah sebagai ODTW unggulan di tingkat lokal, regional, dan internasional; serta pemantapan industri yang sinergis dan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung serta daya tampung potensi daerah,” tuturnya.
Menurut Koordinator FDM Kabupaten Sumedang, Dodoy Cardaya, ada perbedaan dalam kegiatan ini dibanding kegiatan serupa pada waktu waktu sebelumnya, dimana biasanya dilaksanakan dibagi beberapa wilayah, namun sekarang disatukan di IPP ini.
“Mungkin terkait anggaran atau mepetnya waktu. Namun yang jelas tujuannya sama mensosialisasikan rencana pembangunan untuk tahun anggaran 2019 mendatang. Dimana mulai dari pemerintahan desa bisa melaksanakan musrenbang desa dengan rambu rambu atau juknis yang sudah disiapkan, termasuk dalam menyampaikan usulan kegiatan yang tidak terdanai oleh anggaran desa, baik melalui PIK maupun anggaran lainnya,” sebutnya.
Dodoy berharap, para FDM bisa ikut memfasilitasi kegiatan musrenbang ini dengan baik dan benar sesuai juknis yang ada. “Karena salahsatu tugas FDM sesuai Perbup Nomor 59 tahun 2015 tentang Tufoksi FDM, yakni terlibat dalam memfasilitasi musrenbang desa hingga musrenbang kabupaten,” tegasnya.

Rakor tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan serta dihadiri oleh para asisten, staf ahli,  unsur SKPD, para camat, lurah, kepala desa, Forum Delegasi Musrenbang (FDM) serta unsur terkait lainnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment