Zulkipli Tuding Syarat Dukungan Calon Perseorangan Banyak KTP Editan


Kota, Korsum
Sekretaris Komisi A DPRD Sumedang, Zulkipli M Ridwan menuding adanya temuan di lapangan adanya dugaan keganjilan syarat dukungan calon perseorangan yakni berupa adanya KTP editan.
“Ada beberapa temuan yang saya dapatkan, salah satu temuan tersebut adalah bahwa adanya KTP editan dengan tujuan agar bisa lolos dalam syarat pencalonan. Saya berharap, kepada KPU Sumedang untuk mengecek kembali data yang benar benar faktual untuk perseorangan,” katanya, saat dikonfirmasi Korsum, Jumat (9/2), melalui telepon genggamnya.
Kalau hal ini dibiarkan, kata Zulkpli, akan merugikan bapaslon yang benar benar dianggap datanya faktual, dan bagi KPU Sumedang pun akan menjadi pertaruhan kredibilitas, Netralitas. Dievaluasi kembali data tersebut adalah langkah yang bijak, sehingga akan menemukan mana KTP yang benar benar asli dan KTP yang editan.
“Dilapangan itu saya katakan sekali lagi, banyak KTP hasil editan yang lolos dari verifikasi KPU Sumedang,”sebutnya. 
Dikonfirmasi Korsum, Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, membantah tudingan tersebut. Menurutnya, jika memang ada KTP editan, KPU Sumedang bekerja sudah tidak profesional lagi, lalu untuk apa PPS terjun ke lapangan mengecek kembali ke tiap tiap rumah warga dan dipertanyakan kembali atas dukungannya tersebut?.
“Dalam hal ini, KPU Sumedang sudah bekerja secara maksimal, dari mulai perencanaan di tahun sebelumnya sudah diprogram agar kekurangan di pemilukada tahun kemarin, di pemilukada sekarang sudah terlengkapi. Dan bicara soal KTP editan ataupun yang dipalsukan, KPU Sumedang tidak membaca hal itu, pada intinya tim KPU yakni PPS dan PPK bekerja bersama sama turun ke lapangan mempertanyakan kembali kepada warga soal dukungannya,” tegas Hersa, saat dikonfirmasi Korsum, Jumat (9/2), melalui telepon genggamnya.
Ditegaskan Ketua KPU, dukungan warga terhadap calon perseorangan tersebut dinyatakan sah berdasarkan surat pernyataan, sebaliknya pun ketika merasa tidak setuju, maka warga pun mengisi surat pernyataan penolakannya dan KPU melihat dasar itu, yang dianggap otentik.**[Dady]

Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment