Buahdua, Korsum
Sedikitnya, 80 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih dari 14 desa se-Kecamatan Buahdua, belum lama ini dilantik Camat Buahdua dilaksanakan di gedung Juang LVRI Buhadua, Jumat (23/2), Acara itu dihadiri Muspika termasuk para kades masing-masing.
Panitia acara pelantikan, Nata, menyebutkan, pelantikan itu berdasarkan surat keputusan Camat Buahdua No.141.2/SK/13/Kep/2018. Tentang penetapan pengesahan anggota badan permusyawaratan Desa se-Kecamatan Buahdua periode 2018-2024 berlaku sejak di keluarkan surat keputusan tanggal 23/2 yang di bacakan oleh Nata panitia.
Selanjutnya,  Camat Buahdua, melantik sekaligus mengambil sumpah yang diikuti semua anggota BPD serta penanda tanganan surat keputusan penetapan pengesahan jabatan BPD periode 2018-2024 secara hidmat.
Camat Buahdua, Tono Suhartono, dalam sambutannya, memberi peringatan bahwa tugas dan fungsi BPD semunya sudah tahu. Namun yang penting kata camat,  niatnya yang iklas bertugas menjadi BPD terutama membangun desa. Dengan banyaknnya perubahan UU tentang desa, maka PBD punya peran penting dalam pemerintahan desa.
“BPD ini dilantik bupati melalui camat, dimana BPD sebagai mitra kepala desa. Saat ini PBD bukan sebagai rivalnya kades, tapi sebagai mitra kerja. Tapi kami percaya para BPD ini  bakal mampu akan menjalan tupoksinya dengan baik.  Saya ucapkan kepada semua BPD selamat berjuang kepada semua BPD, dan senantiasa  menjaga kondusifitas di desa,” tuturnya.**[indang]