Korban Longsor Berharap Bantuan


Tanjungmedar, Korsum
Maman Korban tertimpa longsor warga Kananga Desa Wargaluyu Kecamatan Tanjumedar berharap bantuan membangun kembali rumahnya yang hancur akibat tertimpa longsor. Dia hanya seorang buruh tani, tak mampu membangun rumahnya sendiri bahkan terpaksa dia harus menumpang di rumah tetangga yang tiada lain Rt setempat.
Waktu itu, Rabu (21/2) sekitar jam 17.00 tiba-tiba tebing setinggi 4 meter  longsor dan langsung menimpa hingga menutup rumah paling dekat ke tebing itu yakni rumah Maman. Bahkan dengan peristiwa longsor itu mengancam beberapa rumah warga diatas tebing jika terjadi longsor susulan.
Korban yang juga Duda 2 anak, mengucap syukur atas lolosnya dari bencana longsor itu. “Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa, kecamatan serta masyarakat yang telah peduli. Kami juga berharap kepada Pemda Sumedang membantu bangun rumah agar kami bisa berteduh kembali, “katanya.
Menurut keterangan Kadus 2 Nana Kusmana masih ditempat yang sama mengatakan, meskipun tebing itu sudah ada Tembok Penahan Tebing (TPT), namun akibat air hujan masuk mengalir ke sela-sela tanah dan TPT itu, hingga akhirnya tebing berikut TPT-nya jebol dan longsor menimpa rumah warga yang berada dibawah tebing itu.
Kades Wargaluyu Cecep Rahmat menyebutkan, setelah menerima laporan dari Kadus 2 atas bencana longsor itu, pihaknya langsung ke TKP. Selanjutnya dilaporkan ke tingkat Muspika, sementara korban di evakuasi ke rumah saudaranya, bahkan pihaknya terus lakukan siaga di TKP.
“Besok harinya,  Muspika hadir ke TKP dan berdasarkan disurvai tercatat kerugian sekitar Rp 30 juta. Untung tidak ada korban jiwa dan selanjutnya dibantu warga setempat membersihkan puing-puing. Dan untuk sementara,  tebing itu akan dirucuk dengan bambu, “tandas kades.
Kasi Sosial Kecamatan Tanjungmedar Nana Supriatna menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan tetap siaga, jangan kena pengaruh dari pihak yang tidak bertanggung jawab seperti berita Hoax. “Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan, segera lapor, “ujarnya.**[indang]

Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment