Masuki Tahapan Pileg dan Pilres KPU Sumedang Lantik PPK dan PPS


Kota, Korsum
Meski Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati pada Pilkada 2018 belum selesai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang melantik 78 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 831 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sumedang untuk menghadapi Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Gor Tadjimalela.
Menurut Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, adapun pelantikan dilaksanakan pada tahun 2018 ini, agar bisa membagi tugas dan fungsi antara petugas KPU yang berada di kecamatan maupun tiap desa dengan baik dan terstruktur. "Berdasarkan Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang Pilpres dan Pileg, sehingga saat ini selain intens di Pilgub dan Pilbup, PPK dan PPS turut mengurusi Pileg dan Pilpres," tuturnya.
Hersa menegaskan, saat ini tugas PPK dan PPS di lapangan akan semakin bertambah padat terutama dalam Pileg. dikarenakan calonnya akan banyak dan berbeda dengan PIlgub dan Pilbup, maka diperlukan adanya pembagian kerja yang sistematis.
“Parpol yang ditetapkan KPU pusat kan ada 19, akan tetapi di sumedang hanya ada 15 bisa dibayangkan satu Daerah Pemilihan (Dapil) saja terdapat 10 orang yang mencalonkan dari satu Parpol dikalikan 15 parpol dikalikan lagi jumlah 6 dapil dan jumlahnya diangka 900 orang calon dari semua parpol di Kabupaten Sumedang belum termasuk DPRD Provinsi dan DPR Pusat.  Dengan jumlah PPK yang hanya 3 orang per kecamatan, tentunya memerlukan konsentrasi yang lebih. Untuk itu, saya harap semua anggota PPK dan PPS mempelajari lagi UU Pemilu No 7 tahun 2017," tuturnya.
Sementara dari sisi anggaran, menurut Hersa, pihaknya berharap ada angin segar dari KPU RI untuk mengucurkan anggaran yang dobel yaitu untuk Pilbug, Pilbup dan Pileg, Pilres. “Karena tugas yang sangat berat yang mudah-mudahan diikuti dengan imbalan yang setimpal. Untuk itu, saya berharap jaga kesehatan dan konsentrasi yang penuh karena tugas yang berat menanti,” tandasnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Dandim 0610 Letkol Arm I Made Mertha mengucapkan selamat kepada para PPK dan PPS yang telah dilantik, Ia pun mengingatkan agar PPK dan PPS tetap menjaga independen dan netralitas sebagai bagian dari penyelenggara pemilu.
Hal senada, dikatakan oleh Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, bahwa untuk anggota PPK dan PPS yang sudah dilantik agar selalu amanah dalam menjalankan tugasnya. “Petugas PPK dan PPS ini merupakan ujung tombak dalam Pemilu, saya berharap semuanya bertugas dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya.
Pada pelantikan PPK dan PPS tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, diantaranya Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto Plt Sekda, Sanusi Mawi, Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata S, IK , Dandim 0610 Letkol Arm I Made Mertha Yassa, Kajari, Wargo SH, Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa beserta Komisioner, Perwakilan Ketua Parpol. **[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment