Tanjungkerta, Korsum
Unit Penerimaan Zakat (UPZ) Kecamatan Tanjungkerta terus mempertahankan prestasi yang telah ditorehkan. Sikap transparansi baik segi penerimaan dan pengumpulan zakat infak dan shodaqoh (ZIS) termasuk dalam mengelola administrasi, terus mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Hal itu disampaikan Ketua UPZ Tanjungkerta K.H Adja Suharja dalam acara sosialisasi dan edukasi zakat infak dan shodaqoh (ZIS) yang dihadiri Ketua 1 Baznas Sumedang serta diikuti 150 perangkat desa UPZ DKM se-Kecamatan Tanjungkerta, di Gedung Dakwah Sudimampir Desa Cipanas,  Kamis (23/3).
“Zakat profesi yang telah diwujudkan para PNS telah tersalurkan sehingga banyak program yang telah menyentuh masyarakat banyak, termasuk penyaluran dana untuk Rutilahu dan para guru ngaji.  Itulah torehan prestasi yang telah diraih,” ujarnya.
Penjabaran Al-Quran dan As-Sunnah berdasarkan SK Ketua Baznas Kabupaten No.28/SK-BAZNAS-KAB.SMD/2017 putusan point II Butir ke I. Tujuan memberikan informasi tentang zakat infak dan shodaqoh (ZIS), eksistensi UPZ dan BAZNAS dalam pengelolaan dan meningkatkan pemahaman kesadaran dan kepercayaan masyarakat dalam mengumpulkan ZIS.
Masih ditempat yang sama, Ketua panitia H. Nanang Muhammad Badar, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah desa dan UPZ demi perolehan zakat infak dan shodaqoh yang optimal. Pelaksanaan kegiatan dengan anggaran dari Baznas Kabupaten Rp 4 juta dan dari UPZ Tanjungkerta Rp 9 juta hingga total Rp 13 juta.
Dalam sambutannya, Camat Tanjungkerta Beni Satriaji mengatakan, adanya kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara kesinambungan serta para kades agar menghimbau masyarakatnya untuk sadar memberikan infaq. Kerjasama yang baik antara UPZ dan kades dalam mengentaskan kemiskinan.
“Berterima kasih kepada ketua 1 Baznas Kabupaten H. Suhara atas kehadirannya dalam acara ini, dan sekaligus kegiatan sosialisasi dan edukasi ini, kami dinyatakan resmi dibuka,” tandasnya.**[indang]