Takut Bendungan Jebol, Warga Karedok Minta Direlokasi


Jatigede,Korsum
 Warga Desa Karedok Kecamatan Jatigede terus merasakan was-was dan cemas setiap harinya. Mereka pun kembali mempertanyakan relokasi yang masih belum terwujud hingga kini. Warga juga mendesak pemerintah daerah untuk segera melakukan relokasi dari wilayah desa tersebut.
Kepala Desa Karedok, Intab Wikarya, mengatakan, ajuan permintaan relokasi sebenarnya sudah disampaikan oleh pemerintah desa sejak dua tahun lalu. Ajuan itu sudah disampaikan ke bupati, bahkan sudah sampai ke Kementerian PUPR.
Menurutnya, wilayah pemukiman warga Desa Karedok tak jauh berada di hilir bendungan Jatigede. Sangat wajar warga merasakan cemas. Apalagi, jika mendengar rumor terkait kekuatan bendungan.
“Atas keluhan warga, kami sudah mengajukan proposal untuk dipindahkan dari wilayah Karedok. Tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah. Sedangkan, masyarakat sampai saat ini merasa khawatir setiap harinya,” ujar Intab, saat dihubungi, Senin (12/3).
Kata Intab, warga semakin khawatir, sebab saat ini banyak bencana longsor dan pergerakan tanah di wilayah Sumedang. Secara tidak langsung, banyak orang yang menghubungkan dengan kondisi bendungan.
“Namanya masyarakat, kalau mendengar bencana, bahkan belum lama ini kan sempat terjadi gempa. Masyarakat terkadang berpikir buruk tentang kekuatan bendungan. Mereka takut retak atau jebol,” ungkapnya.
Intab menuturkan, hingga saat ini, dari 769 KK warga Desa Karedok hampir 95 persen sudah menyatakan ingin di relokasi. Pemerintah desa sendiri sudah melakukan berbagai upaya menyampaikan keinginan masyarakat tersebut.
“Seharusnya kecemasan warga ini dipertimbangkan oleh pemerintah daerah. Mengertilah perasaan warga yang bakal terus dihantui ketakutan,” katanya.
Terkait relokasi, lanjut Intab, pemerintah desa sudah melakukan upaya dengan menyiapkan lahan alternatif untuk relokasi di tanah kas desa yang letaknya lebih tinggi. Namun, karena belum ada persetujuan dari pemerintah daerah. Pemerintah desa belum mengambil langkah lebih lanjut
“Sebenarnya kalau lahan sudah ada di lahan kas desa sekitar 70 hektare. Lahan itu masih wilayah desa kami, tapi tempatnya ada di dataran tinggi. Mungkin alternatif relokasi ya wilayah itu. Tinggal nunggu langkah pemerintah daerah saja,” ujarnya.
Sementara, anggota DPRD Sumedang, Dede Suwarman, mengatakan pemerintah diaharapkan merealisasikan keinginan warga karedok, sebab mereka dihantui kecemasan secara terus menerus.
“Ssaya akan terus memperjuangkan keinginan warga Karedok, mudah-mudahan keinginan warga untuk  relokasi dapat segera terwujud,” jelas Dede, Jumat (17/3).**[F.Arif]

Posting Komentar

0 Komentar