Sumedang, Korsum
Debat pertama pasangna calon bupati dan wakil bupati Sumedang di Gelar KPU Sumedang di Plaza Asia pada Minggu (8/4) dengan menghadirkan 5 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang periode 2018 -2023 dengan tema Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, SDM dan Insfrastruktur serta Sinergitas Pembangunan, dan acara tersebut sebagai Moderator Dina Kristina, S. Sos, M.Si.

Pada segmen pertama debat masing-masing pasangan calon memaparkan Visi dan Misinya dengan durasi waktu 120 detik, yang sebelumnya ditayangkan profil kelima pasangan calon. Pada segmen kedua, pasangan calon mengambil undian untuk pertanyaan langsung dari masing-masing penalis, dengan jawaban berdurasi 90 detik, yang diawali dari pasangan calon nomor dua.

Pada segmen ketiga pasangan calon mengambil amplop yang berisi pertanyaan yang sudah dirumuskan oleh para penalis dengan durasi jawaban 90 detik. Sedangkan untuk segmen keempat yang bertemakan ekonomi kerakyatan dan setiap pasangan calon bertanya kepada pasangan lain yang menjadi lawan debatnya. Dan hal yang sama dilakukan pada segmen ke lima namun perbedaannya pada segmen ini bertemakan Sinergitas Pembangunan.

Pada segmen ke enam dan menjadi segmen terakhir pasangan calon untuk menampilkan seni kreasinya. Debat putaran pertama ini dengan panelis dari dewan kebudayaan Sumedang Muhammad Arishandhi Bachrum, SH. S.P1,  Prof. Dr. Ernie Trisnawati Sule, Prof. Karim Suryadi, Prof. EM. Dr. Ir. Tuhpawana Priatna  Sendjaya, Prof. Atwa Bajari.**(mako)