Kota, KORAN SUMEDANG
Para Aparatur Sipil Negara (ASN), Camat serta Kepala Desa di Kabupaten Sumedang dikejutkan dengan adanya tes urine dadakan yang diadakan BNNK Sumedang usai Sosialisasi Perundang-undangan Pemilu 2019 dan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bersama Bupati Sumedang, di Hotel Handayani Sumedang, Selasa (18/12).

Dikonfirmasi akan adanya tes urine dadakan tersebut Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, kegiatan ini merupakan acara dadakan dan tidak ada yang tahu akan ada pengetesan urine.

“Tes urine ini tidak ada yang tahu karena dadakan seperti sekarang ini,” akunya

Akan tetapi, lanjut Bupati, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan ASB di pemerintahan  Kabupaten Sumedang yang bersih dari narkotika dan menjadi bagian dari pencegahan dan pemberantasannya.

"Saya akan bertindak tegas sesuai dengan peraturan yang ada manakala terdapat aparat pemerintahannya yang positif menggunakan narkotika. Say tidak akan main-main karena bahayanya luar biasa. Aturan harus ditegakkan,” tegasnya

Ditempat yang sama Kepala BNNK Sumedang AKBP I Nengah Mertha mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen BBNK bersama Pemkab Sumedang dalam rangka rencana aksi sesuai Intruksi Presiden (Inpres) 6 Tahun 2018, dimana seluruh ASN wajib berkomitmen mencegah dan memberantas narkotika.

“Harus dimulai dari diri sendiri yaitu melalui tes urine yang mana pelaksanaannya secara mendadak atau sidak. Makanya tadi kita upayakan semua para ASN, camat dan Kades yang hadir kita tes urine," tuturnya

I Nengah juga mengakui, setiap pelaksanaan tes urine, terdapat temuan positif narkotika. Namun, hal tersebut akan dites ulang, guna memastikan keakuratan hasil. Karena bisa saja orang yang dinyatakan positif tersebut sedang menjalani perawatan medis yang mengharuskannya mengonsumsi obat-obatan.

“Kalau ada yang positif, kami lakukan prosedur yang ada dengan mengedepankan aturan. Orangnya akan kami panggil, untuk ditindak lanjuti lebih lanjut," ucapnya

I nengah juga mengungkapkan, hari ini hanya dilakukan tes urine saja. Dan nanti untuk hasilnya akan diserahkan kepada Bupati.

"Mudah mudahan hasilnya semuanya negative. Dan kalaupun ada yang positif tentunya ada akan kita lakukan prosedur sesuai dengan aturan,"pungkasnya

Pantauan Korsum dilapangan, dengan penjagaan ketat dari BNNK Sumedang dan Satresnarkoba Polres Sumedang. Para ASN, Camat dan Kades tidak bisa keluar ruangan kalau belum bisa menunjukkan bukti dirinya sudah dilakukan tes urine. ** [Acep Shandy].