Kota, KORAN SUMEDANG
Guna terciptanya Pemilihan Umum 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, kondusif, aman, damai di Kabupaten Sumedang. Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi Perundang-undangan Pemilu dan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bertempat di Gedung Islamic Centre Kabupaten Sumedang, rabu (12/12).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, dengan menghadirkan narasumber, Kapolres Sumedang, Dandim 0610, Kajari, Ketua KPU, Ketua Bawaslalu dan Kepala kantor Kesbangpol serta diikuti para peserta yang terdiri dari pimpinan partai politik, kader Partai Politik, Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Sumedang serta sejumlah anggota PPK dan Panwaslu Kecamatan.

Menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang Rohayah Atang mengatakan,  sosialisasi dan rapat koordinasi yang dilaksanakan bertujuan untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya para calon anggota legislatif dan aparatur pemerintah terhadap regulasi dan peraturan perundang-undangan pemilu.

"Dengan kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi dalam rangka menciptakan situasi Kantibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumedang,"tuturnya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan

Lebih lanjut Rohayah mengatakan, dalam pelaksanaannya, kegiatan  ini terbagi dalam dua angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan tanggal 12 Desember dan untuk angkatan kedua, menurut rencana akan dilaksanakan pada hari selasa  tanggal 18 Desember 2018 mendatang.

"Kegiatan dilaksanakan oleh Pemerintah kabupaten Sumedang, untuk memenuhi kewajiban yang diatur dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Mudah mudahan dengan kegiatan ini selain meningkatkan pemahaman masyarakat, juga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hal pilihnya," pungkasnya

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, menurutnya kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan kehidupan demokrasi dengan  cara memahami, menghayati dan menjalankan isi dari UU Pemilu.

"Ada tiga indikator keberhasilan sebuah proses demokrasi dalam kontek pileg dan pilres 2019. Indikator pertama adalah terciptanya situasi aman, damai, lancar dan kondusif. Kemudian  Indikator kedua adalah meningkatnya Partisipasi pemilih dan yang ketiga menghasilkan Caleg yang berkualitas. Mari pegang aturan aturan tersebut sehingga bisa betul-betul menjalankan pemilu sesuai aturan peraturan perundang-undangan sehingga tidak terjerat dalam. Itulah output yang kita harapkan dari Sosialisasi peraturan perundang-undangan pemilu pada saat ini” tuturnya

Lebih lanjut Doni berpesan, agar senantiasa menjaga kondusifitas yang selama ini telah menjadi warisan atau legacy masyarakat sumedang.

“Sumedang punya warisan setiap perhelatan pemilu selalu aman dan kondusif. Untuk itulah, mari kita dorong terwujudnya pemilu yang aman, damai dan kondusif sehingga warisan itu dapat kita pertahankan bersama-sama. Selain itu mari kita tingkatkan komunikasi dan koordinasi untuk menyukseskan Pileg dan Pilpres 2019,” pungkasnya

Sementara ditempat yang sama, Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo S.I.K  mengingatkan akan pentingnya menjaga silaturahmi, baik selama proses pilkada berlangsung maupun pasca pilleg dan pilres 2019 nanti.

“Yang perlu saya tekankan disini yaitu Pileg dan Pilpres hanya 5 tahun sekali, tapi silaturahmi, persaudaraan adalah selama-lamanya. Untuk itu, mari kedepankan silaturahim pertemanan dan persaudaraan kita diatas segala galanya. Jangan sampai nanti setelah duduk di kursi DPRD masih berkotak kotak. Harus diingat bahwa duduk di kursi tersebut sebagai wakil rakyat,"tuturnya

Kapolres juga menegaskan, sebagai penanggung jawab keamanan di wilayah Kabupaten Sumedang, pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 harus berjalan dengan aman, damai sejuk serta beradab.

"Kita akan pastikan gelaran Pileg dan Pilpres 2019, akan berjalan aman, damai, sejuk dan berada"Kita akan pastikan gelaran Pileg dan Pilpres 2019, akan berjalan aman, damai, sejuk dan beradab,"pungkasnya

Kegiatan dengan tema “Kita ciptakan pemilu 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, kondusif, aman, damai di Kabupaten Sumedang” terselenggara atas kerjasama Kantor Kesbangpol kabupaten Sumedang dengan Polres dan KPU Sumedang. Diberikan materi dari Ketua KPU Sumedang, Dandim 0610 / Sumedang dan juga Bawaslu Kabupaten Sumedang. ** [Acep Shandy].