Kota, Koran Sumedang
Melalui semangat Menanam Pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dengan Tema "Menanaman Pohon Bagi penyelamatan Air" dan Hari Bakti Pekerjaan Umum yang ke 73 serta Hari Dharma Wanita Nasional tahun 2018.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI),melakukan penanaman 
Berbagai Jenis Pohon,Secara serentak Oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir kemudian di ikuti oleh Sekjen, Dirjen,beserta jajaran dan ibu ibu Dharmawaninta Kementrian PUPR  acara berlangsung di kawasan Bendungan Jatigede Senin 17/12/2018.

Tampak Hadir dalam acara tersebut.Sekertaris Jendral kementrian PUPR. Prof (R) Dr. Ir. Anita Firmanti Eko, M.T. beserta jajarannya,ibu ibu Dharmawanita kementrian PUPR, Kepala Dinas ESDM Jawa barat unsur forkofimda dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Lukman Hakim staf ahli PUPR acara ini di laksanakan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia serta Hari Bhakti PU yang ke 73 serta Hari Dharmawanita yang ke 19 yang serentak di lakukan di 34 provinsi.

"Saya harapkan acara ini dapat meningkatkan Produktifitas alam dan pelestarian lingkungan sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim global degradasi dan deforestasi hutan dan lahan. Diharapkan dapat mengembalikan keseimbangan Siklus hidrologi" ujarnya
 
Lanjut Lukman dengan target penanaman sebanyak 100 ribu pohon sampai saat ini telah terkumpul sebanyak 129.389 pohon batang,pohon tanaman keras, dan buah-buahan serta tanaman mangroof.dan sebanyak 368.888 batang pohon telah di tanam pada saat penyelenggaraan Hari air Sedunia.

"InsAlloh Sebanayak 3600 batang pohon saat ini akan di tanam di kawasan Bendungan Jatigede"ucapnya.

Sementara itu Bupati dalam sambutannya, atas nama pemerintah Kabupaten Sumedang 

"Saya ucapkan selamat datang di kabupaten Sumedang, kehadiran ibu dan jajaran merupakan suatu kehormatan kebanggan dan motivasi bagi kami dalam menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan dan melayani masyarakat" ucapnya

Dimana Sumedang, tepatnya jatigede di jadikan tempat untuk menanam pohon tentunya ini memberikan kemangfaatan dan menjadi inspirasi dan motivasi.

"Saya harapkan Sumedang menjadi bagian paling depan untuk menanam pohon supaya dapat menghijaukan kota Sumedang terkhusus di wilayah jatigede" ujarnya

Masih dalam sambutannya Mudah mudahan pohon yang di tanam semuanya tumbuh tidak boleh ada satupun yang mati.

"Harus dijaga,harus subur sehingga kegiatan ini tidak hanya formalitas tetapi betul dijiwai dilaksanakan dengan baik sehingga memberikan mangfaat untuk lahan untuk air" pungkasnya

Sementara itu Bu Sekjen megatakan Dalam rangka meningkatkan kelestarian lingkungan kementrian PUPR mendukung kebijakan salah satunya dengan menginflementasikan kegiatan menanam pohon.

"Untuk itulah menanam pohon merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar lahan air lebih bermangfaat bagi masyarakat" ucapnya

Penanaman pohon, dapat pula meningkatkan infrastuktur hijau bukan sekedar obyek fisik melainkan menjadi tempat wisata dan pembangunan sosial, ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Segala upaya yang dilakukan pemerintah untuk mensukseskan kegiatan ini tidak terhempas dari dukungan akedemisi,dunia usaha, dan seluruh masyarakat. Mari kita lakukan penanaman pohon" pungkasnya**(F. Arif)