26 Kecamatan di Kabupaten Sumedang Berpotensi Terjadi Pergerakan Tanah

Kota, KORAN SUMEDANG 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, menyatakan 26 Kecamatan di Kabupaten Sumedang rawan pergerakan tanah. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana melalui Kasi Darurat dan Logistik, Yedi mengatakan, dari letak topografi Kabupaten Sumedang merupakan daerah berbukit dan pegunungan. Selain itu dengan adanya faktor pemicu yaitu musim hujan mengakibatkan rawannya pergerakan tanah. 

"Jadi manakala curah hujan yang besar dan durasi hujan yang lama, ditambah dengan potensi sudah ada bisa menjadi pemicu terjadinya longsor. Makanya tidak salah PVMBG mengeluarkan update peringatan pergerakan tanah rawan potensi longsor dari menengah hingga tinggi," tuturnya saat dikonfirmasi Korsum di ruang kerjanya, Kamis (17/1). 

Lebih lanjut Yedi mengatakan, dari update peringatan pergerakan tanah yang dikeluarkan tersebut. Semua kecamatan memang rawan terjadi pergerakan tanah. Akan tetapi bukan semua desa di satu kecamatan tersebut berpotensi. 

"Biasanya wilayah yang rawan longsor itu wilayah yang berdekatan dengan aliran sungai dan wilayah yang kemiringan tanah lebih dari 40 derajat. Selain itu juga ada juga pemicu lainnya yang mengakibatkan terjadinya longsor," ucapnya 

Dengan adanya potensi pergerakan tanah tersebut, lanjut Yedi, BPBD sudah membuat surat himbauan kepada Masyarakat melalui kecamatan untuk meningkatkan kesiap siagaan, apabila terjadi curah hujan yang tinggi dan dengan durasi yang lama. 

"Jadi dengan himbauan tersebut diharapkan masyarakat selalu siap siaga jika terjadi hujan dengan durasi lama," tegasnya Sementara itu data bencana yang terjadi pada tahun 2018 di Kabupaten Sumedang, lanjutnya lagi, tercatat ada 280 kejadian selama satu tahun. "Untuk awal tahun 2019 ini ada longsor dibeberapa titik. Jadi kita tekankan agar masyarakat selalu siap siaga dan berhati hati dalam beraktivitas. Karena saat ini memasuki musim penghujan," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment