Kota, Koran Sumedang.
Sudah merupakan agenda tahunan untuk peralatan di Pengujian laik Kendaraan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang untuk di periksa atau di kalibrasi oleh Kementrian Perhubungan guna memaksimalkan terhadap pelayanan serta meminimalisir bagi kendaraan yang masih laik terhadap resiko kecelakaan di jalan raya.

“Dari bulan Nopember tahun 2018 kemarin, pihak Pengujian Kendaraan Bermotor telah memperbaiki alatnya dan melaporkan ke Kementrian Perhubungan untuk di kalibrasi, maksudnya hasil kalibrasi tersebut apakah masih layak tidaknya alat tersebut karena menyangkut dengan keselamatan jiwa,”kata Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Sule Sulaeman saat di konfirmasi Koran Sumedang Selasa (29/1) di gedung Pengujian kendaraan.

Ada sembilan alat, kata Sule, yang di kalibrasi oleh kementrian dari alat pengereman, alat penimbangan, alat kincup roda depan, tingkat suara klakson, alat suspensi roda depan dan emisi has buang solar/bensin.

“Untuk pemerikaaan saat ini oleh Kementrian Perhubungan ke sembilan alat yang di kalibrasi semua kondisinya masih layak untuk di operasionalkan meski alat tersebut di produksi pada tahun 2003/2004. Kelayakan alat tersebut hingga saat ini masih bisa di operasionalkan karena secara rutin per tahun di kalibrasi oleh Kementrian Perhubungan tanda layaknya tentunya dengan sertifikat kelaikan alat pengujian,”jelasnya.**[Dady]