Bangga Punya Crosser Juara Nasional Bupati Rencanakan Event Motor Cross Seri Nasional di Sumedang

Kota, KORAN SUMEDANG
Bangga mempunyai crosser asli Sumedang yang berprestasi dan sudah menjuarai 4 seri Kejuaraan Nasional. Bupati Sumedang, H Doni Ahmad Munir menjanjikan akan mengadakan Event Motor Cross Seri Nasional di Kabupaten Sumedang.

"Saya bangga dengan kiprah Iwan yang minim publikasi. Tapi segudang prestasinya, Sumedang mempunyai banyak potensi di bidang olahraga motor trail ini. Untuk itulah, Pemerintah akan memperhatikan siapapun atlit berprestasi di event nasional maupun internasional, dengan memberikan wahana dan peluang kesempatan kedepannya. Termasuk kedepan kita sedang merencanakan event motor cross seri Nasional di Sumedang," tuturnya pada sejumlah wartawan  usai bersilaturahmi dengan Iwan Hermawan Crosser Asal Kecamatan Tanjungsari di Ruangan Tengah Gedung Negara, Selasa (15/1).

Lebih lanjut Doni mengatakan, untuk mengadakan event skala nasional tidak akan sulit, mengingat Iwan Hermawan sudah mempunyai akses dan jalur kordinasi yang baik dengan organisasi selama dia berkiprah. Selain itu juga dia memiliki trek motor cross itu letaknya di Desa Raharja dan satu lagi berdekatan dengan arena pacuan kuda Tanjungsari.

"Mudah-mudahan kiprahnya bisa meregenerasi atlit-atlit baru di Sumedang, setidaknya regenerasi itu akan tetap berjalan secara berkelanjutan. Terlebih Iwan juga membuka sekolah balapan cross bagi siapapun yang ingin serius menekuni motor trail itu," ucapnya

Selain arena sirkuit motor cross, tambah Doni, pihaknya juga akan memberikan perhatian pada cabang olahraga road race, dengan menyediakan sirkuit yang multifungsi.

"Insyaallah rencananya pada tahun 2020 kita akan bebaskan lahan didi kawasan Islamic Center yang menuju sampai GOR Tajimalela," akunya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Agus Sukandar juga mengapresiasi prestasi yang diraih crosser tersebut. Pihaknya juga akan mengupayakan langkah kongkrit dengan menggelar event kejurnas motor cross di sirkuit yang dimiliki oleh Iwan sendiri.

"Iwan ini punya sirkuit standar internasional. Ini akan kita manfaatkan untuk seri kejurnas di Sumedang. Ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada warga Sumedang yang telah menorehkan prestasi," tuturnya

Akan tetapi Agus mengakui, sirkuit tersebut memerlukan pembenahan dan perbaikan infrastruktur sesuai dengan aturan perundang-undangan. Kita berupaya agar Pemerintah bisa membantu dalam aspek lainnya. Bahkan jika diperlukan pihaknya akan kolaborasi dengan Swasta.

"Selama itu ada payung hukum, Pemkab akan memberi stimulus akan kegiatan itu. Karena ini akan bermanfaat bagi pariwisata Sumedang, selain aspek olahraganya," ucapnya

Agus juga menambahkan, saat ini super cross sangat jarang terekspos dibanding cabang olahraga yang ada di KONI untuk kepentingan Porda dan PON.

"Kemarin kita harus fokus ke event prioritas yang ada, sehingga motor cross ini kurang terperhatikan. Saat ada potensi, untuk kita akan mengapresiasi dalam bentuk apapun sepanjang payung hukumnya jelas," pungkasnya

Sementara itu, crosser juara seri nasional empat kali asal Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari. Iwan Hermawan mengaku bangga, atas apresiasi yang diberikan Bupati Sumedang. Ia pun berkomitmen akan terus berkontribusi demi mengharumkan nama Sumedang di bidang motor cross.

"Ini kali kedua saya diapresiasi oleh Kepala Daerah sebelumnya Bupati Don Murdono yang mengapresiasi saya. Saya akan terus mengembangkan potensi ini, sekaligus untuk membentuk regenerasi dan Raihan prestasi yang lebih dari ini," ucapnya

Dengan adanya rencana event kejurnas motor cross yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. Iwan berharap, event tersebut benar benar dilaksanakan.

"Mudah mudahan bisa terlaksana Dan insyaallah saya juga akan membantu ke IMI pusat. Karena dengan event ini juga bisa diharapkan bisa menimbulkan bibit bibit berbakat baru dari kabupaten Sumedang. Dan kalau jadi mungkin ini merupakan kejuaraan Nasional pertama yang diadakan di Kabupaten Sumedang" harapnya ** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment