Kesbangpol Awasi Adanya Aliran Kepercayaan dan Keagamaan di Kabupaten Sumedang

Jatigede, KORAN SUMEDANG
Guna terpantaunya keberadaan dan aktivitas aliran kepercayaan dan aliran keberadaan di Kabupaten Sumedang, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang melakukan pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan.

Menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Rohayah Atang, S.H mengatakan, kegiatan ini merupakan salahsatu upaya pemerintah kabupaten Sumedang yang dalam hal tugasnya Kesbangpol untuk terus mengawasi adanya aktivitas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan agar stabilitas daerah tetap terjaga.

"Dengan adanya kegiatan ini juga kita bisa menjaga ketenteraman beragama dan ketertiban masyarakat, serta melaksanakan ketentuan hukum yang berlaku dalam rangka mewujudkan kerukunan dan persatuan nasional," tuturnya pada Korsum, usai melaksanakan kegiatan Pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di Ruang Rapat Kecamatan Jatigede, Senin (17/12).

Lebih lanjut Rohayah mengatakan, untuk melakukan pengawasan tersebut pihaknya sudah mengundang sekitar 40 masyarakat yang merupakan perwakilan dari seluruh wilayah.di kecamatan Jatigede. Dan nantinya para peserta akan diberikan materi dan pemberian dorongan agar memahami, mendalami dan mengamalkan ajaran islam dengan sebaik baiknya, agar tidak menyimpang.

"Kenapa dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jatigede, karena informasi yang diterima adanya kelompok di wilayah tersebut sekelompok orang yang diduga mengajarkan aliran kepercayaan diluar aliran agama yang sudah ditetapkan sesuai keputusan pemerintah. Untuk itu disini kita juga berupaya mendorong masyarakat untuk melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap adanya aliran kepercayaan dan aliran keagamaan diwilayahnya," ucapnya

Adapun hasil yang diharapkan, lanjutnya lagi, dengan adanya kegiatan ini yaitu, terpantaunya aktivitas dan keberadaan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang ada diwilayah untuk menjaga stabilitas daerah tetap terjaga. Juga terjaga dan terpuruknya ketentraman beragama serta ketertiban masyarakat dalam melaksanakan ketentuan hukum yang berlaku dalam rangka mewujudkan kerukunan dan persatuan nasional.

"Mudah mudahan dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat akan lebih paham dan juga bertambah wawasan dalam menjaga kerukunan dan persatuan nasional. Dan jika diwilayahnya  ditemukan suatu kegiatan aliran kepercayaan agama, bisa langsung melaporkan ke pihak terkait langsung. Disitu lah fungsi masyarakat dalam melakukan pengawasan di wilayahnya masing masing," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment