Tahun 2019 Bappenda Targetkan PAD Sebesar 230 Miliar

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2019 sebesar Rp. 230 Milyar lebih. Target tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan target PAD pada tahun 2018 lalu yang hanya ditarget diangka Rp 181 Milyar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Bappenda Kabupaten Sumedang, Asep Darmawan bahwa, pada tahun 2019 ini memang ada kenaikan target untuk PAD sekitar Rp 50 M, dari target tahun 2018.

"Ada beberapa sumber pajak yang pada tahun 2019 ini mengalami kenaikan. Kenaikan paling besar adalah Penerangan Jalan Umum (PJU)  dari tahun lalu sebesar Rp 69 M, tahun 2019 ini menjadi Rp. 89 M," tuturnya pada pada Korsum, Jumat (18/1).

Lebih lanjut  Asep menuturkan, untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari tahun lalu sebesar Rp. 43,5 M, tahun 2019 naik menjadi Rp 61,2 M, begitupun dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya Rp 40 juta, tahun 2019 ini menjadi Rp 57 M.

Sementara untuk pajak restoran untuk tahun 2019 ini pihaknya menargetkan ada kenaikan dari tahun lalu yang hanya Rp 14 M, tahun 2019 ini menjadi Rp 16 M.

"Untuk pajak restorant ini realisasinya bisa dipantau setiap hari sesuai dengan transaksi yang dilakukan pada hari itu. Jadi setiap ada konsumen yang membayar biaya makan itu pajaknya secara otomatis masuk ke Bappenda," tegasnya
 
Asep juga menambahkan, dari data yang masuk perhari ini (Jumat, 18/1) sudah terealisasi sebesar Rp. 3,3 M atau jika dipersentase baru mencapai 1,44%.
 
"Jika dipresentasikan persektor pendapatan, pajak sarang burung walet saat ini sudah terealisasi sekitar 15%.
dari target Rp. 2,5 juta.
Untuk pajak hiburan sudah terealisasi 12,67% dari target Rp. 3,5 M, sedangkan untuk pajak restorant dari target Rp. 16 M sudah terealisasi sekitar 6,82%. Dan untuk BPHTB dari target Rp 61,2 M saat ini sudah terealisasi sebesar Rp 1,2 M," jelasnya
 
Dengan target tersebut, lanjut Asep, pihaknya optimis bisa mengejar target tersebut walaupun ada kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018 lalu.

"Kita tentunya akan terus berupaya agar target bisa dicapai. Dengan berbagai inovasi dilakukan oleh Bappenda dalam memudahkan masyarakat untuk membayar pajak, seperti bekerjasama sama dengan Indomart agar masyarakat mudah dalam membayar PBB.Tentunya dengan target tersebut pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment