Ubah Perilaku Buang Sampah ke Sungai Pemuda Pemudi Sudimampir Buat Terobosan Baru

Tanjungkerta, KORAN SUMEDANG
Berawal dari kepedulian terhadap lingkungan dan keprihatinan terhadap kondisi masyarakat yang dengan bebas membuang sampah ke sungai. Para Pemuda/Peduli Lingkungan di Dusun Sudimampir Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, membuat konsep dan terobosan baru agar perilaku tersebut bisa berubah tanpa adanya larangan.

"Berbagai bentuk larangan ditempel di sungai, bahkan dengan ditambahkan ancaman, namun hal tersebut tidak membuat masyarakat takut dengan terus membuang sampah ke sungai. Dengan dasar itulah, kami mencoba membuat konsep yang baru dengan cara merawat sungai secara langsung di saluran," tutur pengarah kegiatan Peri Gunadi didampingi Koordinator Lapangan Atep Zawir, pada Korsum disela sela kegiatannya, Minggu (27/1).

Diharapkan dengan konsep ini bisa mengubah perilaku masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.

"Kegiatan awal yang dilakukan adalah Operasi bersih (opsih) yang melibatkan sebanyak 35 pemuda dengan melakukan pembersihan saluran selokan (sungai kecil) Cipeer sepanjang 1 km yang berada di tengah perkampungan masyarakat Dusun Sudimampir Desa Cipanas. Opsih ini menyusuri saluran dan tebing sungai, sehingga menjadi sedikit bersih dan bebas dari sampah plastik. Para pemuda ini berhasil mengangkat kurang lebih 150 kg sampah plastik. Dan alhamdulillah kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi yang positif dari warga masyarakat," tuturnya

Peri menambahkan, untuk rencana kedepan tembok kanan dan kiri sungai akan dibuat lukisan dinding (Mural) yang bertemakan lingkungan. Sehingga bisa menambah estetika dari sungai itu sendiri dan saluran airnya akan di tanami ikan-ikan air tawar. Dengan konsep kebersihan lingkungan ditambah estetika sungainya.

"Diharapkan masyarakat akan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya. Bahkan kebiasaan membuang sampah ke sungai akan menjadi kenangan pahit dengan berubahnya perilaku dari masyarakat," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment