Bawaslu Sumedang Akan Kaji Dugaan Bupati Ikut Kampanye Pilpres

Kota, Koran Sumedang
Pihak  Bawaslu Kabupaten Sumedang akan mengkaji terkait dugaan himbauan dari  H. Dony  Ahmad Munir yang notabene sebagai Bupati  Sumedang yang mengajak untuk mendukung dan  memilih pasangan Capres dan  Cawapres  nomor urut 01. Hal  itu  disampaikan Divisi  bidang  hukum  dan  penindakan pada Bawaslu Sumedang Ade  Sunarya, Ahad , (10/2/2019).

Dikatakan Ade dalam hal pengawasan kampanye pemilu oleh pejabat negara diatur dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum.

Pasal 37 ayat (1) Pengawas Pemilu melakukan pengawasan terhadap Kampanye yang dilakukan oleh Presiden dan Wakil Presiden dan Pejabat negara lainnya yang berstatus sebagai anggota Partai Politik.

"Pasal 38 ayat (3) Pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan dengan cara memastikan menteri, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, atau wali kota dan wakil walikota yang melakukan Kampanye pada hari kerja telah mengajukan cuti. Pasal 38 ayat  (4) Selain pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), Pengawas Pemilu memastikan Presiden dan Wakil Presiden, pejabat negara, dan pejabat daerah tidak menggunakan fasilitas negara." jelasnya

Sebagai informasi, sesuai dengan ketentuan Pasal 281 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam Pasal 281 Ayat 1 UU Pemilu dinyatakan kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden, wakil presiden, gubenur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota harus memenuhi beberapa ketentuan.

Ketentuan pertama, tidak boleh menggunakan fasilitas dalam jabatannya, kecuali fasilitas pengamanan bagi pejabat negara sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang- undangan. Ketentuan kedua, menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Dan ketentuan ketiga, cuti dan jadwal cuti dilaksanakan dengan memperhatikan keberlangsungan tugas penyelenggaraan negara dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Seperti diketahui, sejumlah kepala daerah menyatakan dukungan kepada capres Jokowi. Mulai dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, juga Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi dan yang teranyar Gubernur Papua Lukas Enembe.**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment