Dua Jembatan Penghubung Ambruk di Kecamatan Tomo Warga Harus Lalui Jalan Alternatif Sepanjang 3 Km

Tomo, KORAN SUMEDANG
Intensitas hujan tinggi di wilayah, mengakibatkan dua jembatan penghubung antara Desa di Kecamatan Tomo ambruk. Dampaknya warga harus menempuh jalan alternatif sepanjang 3 Km.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah, melalui Danramil 1009/Tomo, Kapten Inf Mohaji bahwa, pada Senin (12/2) sore sekitar pukul 16:45 dua jembatan penghubung Dusun Cibengkung Desa Jembarwangi dengan Dusun Cariang Desa Darmawangi tidak bisa dilewati karena terputus yang disebabkan  tergerus derasnya arus air sungai Cisaar yang diguyur hujan lebat.

"Adapun Jembatan yang putus yaitu Jembatan Cisaar lanang  yang panjangnya  36 M dan Lebar 2.5 M, yang menghubungkan Dusun Cibengkung Desa Jembarwangi dan Dusun Cariang Desa Darmawangi. Serta Jembatan Cipari II dengan Panjang 8 M Lebar 2.5 M jalan poros Desa yg  menghubungkan antara Dsun Cibengkung Desa Jembarwangi, Desa Cintajaya, Desa Kadu dan Desa Lebaksiuh. Saat ini kedua jembatan penghubung tersebut terputus, sehingga tidak bisa dilewati," tuturnya pada Korsum

Atas kejadian tersebut, lanjut Danramil, pihaknya bersama Polsek Tomo memasang Police line, agar warga tidak melintas di jembatan tersebut, mengingat kondisinya yang sangat berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan yang biasa melalui jembatan tersebut.

"Hingga malam ini juga, kami bersama Forkopimda Kecamatan Tomo dan Anggota Polsek, PU serta warga masyarakat berupaya membuat jalan altetnatif melalui Dusun Cirendang Desa Jembarwangi supaya warga bisa melintas," pungkasnya.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana melalui Kasi Darurat Logistik, Yedi bahwa, Dengan ambruknya jembatan tersebut, lanjut Yedi, saat ini tidak bisa dilalui oleh warga. Dan harus memutar sepanjang 3 km.

"Karena tidak bisa dilalui, saat ini warga harus melalui jalan alternatif  ke Dusun Cirendang yang jaraknya kurang lebih 3 KM," pungkasnya ** [Pendim/Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment