Durian Kendil Dilelang Mulai Harga 7 Juta Hari ini

Kota, KORAN SUMEDANG
Guna mensejahterakan para petani durian, serta mengedukasi masyarakat agar mengetahui ada durian dengan rasa ekslusif dan itu sangat langka yang berasal dari para petani lokal. Dan rencananya
durian Kendil asal Tasikmalaya ini dilelang di pusat perbelanjaan Plaza Asia Sumedang, dengan harga awal Rp. 7 juta.

Menurut Manajer Asia Plaza, Budi Indrasakti menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi akan banyaknya buah durian di Asia Plaza. Mengingat, mayoritas warga Sumedang pasti sangat menyukai si buah berduri nan wangi ini.

"Kita sebagai yang punya tempat, memberikan edukasi kepada masyarakat, supaya tahu keadaan durian lokal. Bisa dilihat, ada 15 macam durian dengan harga variatif mulai dari 44 ribu sampai 120 ribu per kilonya, jumlahnya kurang lebih 1000 buah. Tapi yang paling unggul adalah durian kendil Tasik yang akan dilelang mulai dari angka 7 juta, dan nanti sebagian dari hasil lelang akan kami sumbangkan ke yayasan yang juga memberikan kontribusi kehidupan kemanusiaan," terangnya pada Korsum di sela giat Pesta Durian Asia, Jum'at (15/2).

Sementara itu salah seorang investor durian asal Tasikmalaya dari Aka durian, Asep Mulyaden (33) mengatakan, kehadiran ribuan durian di Asia Plaza merupakan impelementasinya atas visi misi aka durian kepada petani lokal sekaligus mensejahterakan petani.

"Kami punya empat pohon durian jenis Kendil yang sangat langla di sekitar Gunung Tanjung Tasikmalaya. Dan kami berpikir mengapa tidak, kalau buah durian  dijadikan bisnis dan kerja sama sama petani lokal di kampung saya. Dan maksud pesta durian ini yaitu ingin mengedukasi masyarakat disini bahwa ada loh durian dengan rasa ekslusif dan itu sangat langka," ujarnya

Adapun durian unggulan yang dipajang seharga 7 juta rupiah itu, lanjut Asep, bukanlah sembarang durian. Karena durian tersebut memiliki diameter yang besar, serta  berwarna kekuning-kuningan. Selain itu juga tingkat ketebalan yang mencapai 2 cm dan berat kurang lebih 4-5 kilogram ini menjadikan durian Kendil sangat mahal.

"Tekstur dari durian kendil ini sangat halus, berbeda dengan durian yang paling bagus seperti durian montong. Selain itu dari bijinya juga kecil, justru lebih banyak dagingnya serta lebih wangi," ucapnya

Asep juga menambahkan, meski bentuknya tidak sebulat durian J-Queen yang sempat viral di Tasikmalaya beberapa waktu lalu, Asep optimis, durian Kendil ini bisa menyaingi durian J-Queen. Terlebih pasca viralnya durian seharga 14 juta itu ramai diperbincangkan, kini banyak durian J-Queen yang dijual dipasaran.

"Kita berani adu dengan durian J-Queen, saya bersama rekan saya yang sudah keliling sampai negeri Malaysia, hanya durian Kendil yang rasanya betul-betul menggoda. Karena yang kami pajang ini merupakan grade ori satu, artinya durian spesial dipetik berdasarkan yang terbaik, lihat saja nanti ketika pelelangan di hari minggu," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment