HGN 59 Membangun Gizi Menuju Bangsa Yang Sehat Berprestasi

Oleh : Ika Kartika, SST ( kepala Instalasi Gzi  RSUD Kabupaten Sumedang.
Seperti yang kita ketahui bahwa tanggal 25 januari merupakan hari gizi nasional dan pada tahun 2019 merupakan perayaan yang ke 59 dan bertemakan “ Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” .

HGN 59 diperingati sebagai upaya  meningkatkan komitmen serta kepedulian berbagai pihak  untuk bersama membangun gizi bertujuan menuju bangsa sehat berprestasi melalui pedoman gizi seimbang dan produksi pangan  berkelanjutan

Tujuan peringatan Hari Gizi Nasional ke 59 tahun 2019 adalah :
1.    Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan  produksi  pangan berkelanjutan
2.    Meningkatkan kesadaran masyarakat melalui peningkatan pengetahuan gizi dan   makanan yang menyehatkan.
3.    Menyebarkan konsep baru tentang gizi kepada masyarakat.
4.    Mengubah prilaku masyarakat dan konsumsi makanan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan gizi, sehingga pada akhirnya tercapai status gizi yang baik.

Untuk memperingati HGN ke 59 ini RSUD Kab  Sumedang ( Instalasi Gizi dan Instalasi PKRS ) mengadakan serangkaian kegiatan  seperti penyuluhan kesehatan tentang gizi seimbang , menyediakan konsultasi gizi gratis bagi pengunjung dan membagi bagikan buah buahan kepada pengunjung di ruang perawatan.

Sesuai tema HGN 59 “ Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” maka dengan kesempatan ini saya akan memberikan ulasan tentang Gizi Seimbang. Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yg sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keaneka ragaman pangan, aktifitas fisik, prilaku hidup bersih dan memepertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Prinsif gizi seimbang terdiri dari 4 pilar yang pada dasaranya merupakan rangkaian upaya untuk menyeimbangkan zat gizi yang keluar dan gizi yang masuk untuk memonitor BB secara teratur. Ada 10 pesan untuk gizi seimbang antara lain?

1.    Syukuri dan nikmati keaneka ragagaman makanan, saat kita makan diusahakan harus mengandung 5 unsur yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati sayur dan buah.
2.    Banyak makan sayuran dan cukup buah buahan kandungan di dalamnya banyak mengandung antioksidan, mineral dan vitamin.
3.    Biasakan mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi dimana protein itu berperan penting bagiu pertumbuhan sel-sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang ruksak.
4.    Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan sumber karbohidrat.
5.    Batasi mengkonsumsi pangan makanan manis, asin dan berlemak tinggi.produk bakery dan cake yang dilapisi krim dan coklat, cemilan keripik-keripik, fast food dll harus dibatasi jumlah konsumsinya karena makanan tersebut kurang zat gizi atau zat gizi yang terkandung didalamnya tidak beragam hanya banyak mengandung kalori, lemak, dan rendah protein. Hal tersebut bisa memicu penyakit degenerative ( jantung, stroke, hipertensi, DM dll ) dikemudian hari
6.    Biasakan sarapan. Sarapan sangat penting dilakukan karena sarapan merupakan makanan bagi otak agar atak kita siap menjalani aktifitas.
7.    Biasakan minum air putih yang cukup dan aman untuk mencegah tubuh tidak dehidrasi , karena air diperlukan untuk mengedarkan berbagai zat gizi yang sudah diserap ke seluruh tubuh kita.
8.    Biasakan membaca label pada kemasan pangan. Hal tersebut penting dilakukan untuk mengecek informasi gizi, dan tanggal kadaluarsa.
9.    Cuci tangan pakai sabun dengan  air mengalir dan bersih
10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal. Melakukan aktifitas fisik atau olahraga secara teratur agar mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment