Jelang Pemilu 2019 Bawaslu Sumedang Mulai Umumkan Rekrutmen PTPS

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang, mulai mengadakan rekrutmen Pengawas Tempat Pemilihan Suara (PTPS) Pemilu 2019 untuk 3641orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Divisi SDM dan Organisasi pada Bawaslu Kabupaten Sumedang, Minatilah bahwa, saat ini Bawaslu sudah mengumumkan untuk perekrutan PTPS.

"Untuk pengumuman sudah dimulai pada tanggal 4 sampai dengan 10 Februari 2019. Dan nantinya untuk pendaftaran akan dimulai tanggal 11 sampai dengan 21 Februari," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum di ruang kerjanya, Senin (3/2).

Lebih lanjut, Minatilah mengatakan, untuk pembentukan PTPS diatur dalam UU 7 Tahun 2017 pasal 117. Dimana harus dibentuk paling lambat 23 sebelum hari H pencoblosan dan dibubarkan maksimal 7 hari setelah hari H pencoblosan.

"Untuk perekrutan PTPS ini jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Sumedang yaitu 3641 TPS. Karena untuk satu TPS itu satu orang PTPS. Jadi jumlah PTPS yang direkrut itu 3641 orang," tuturnya

Untuk mendapatkan PTPS yang berkualitas, lanjutnya lagi, setelah proses perekrutan nantinya para PTPS yang terpilih akan diumumkan ke masyarakat selama tiga hari, untuk dimintai tanggapan.

"Jadi nanti kalau ada masukan dari masyarakat bahwa PTPS tersebut merupakan kader partai atau apapun yang dilarang sebagai penyelenggara pemilu. Itu bisa dilaporkan ke Panwascam, karena panwascam yang melakukan perekrutan tersebut," pungkasnya

Hal senada dikatakan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu, Nurhayat bahwa, untuk anggota PTPS dilarang berada pada ikatan sesama penyelenggara.

"Jadi PTPS itu dilarang mempunyai ikatan dengan sesama penyelenggara pemilu juga. Misalkan kalau suami mendaftarkan diri sebagai PTPS, dimana istri dari suami tersebut juga sebagai penyelenggara pemilu seperti PPK ataupun penyelenggara pemilu lainnya itu dilarang," tuturnya

Nurhayat juga menambahkan, setelah proses penjaringan akan ada tes wawancara dan hasilnya nanti akan ada pleno penetapan. Dan untuk pelantikan akan dilaksanakan 25 Maret 2019. ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment