Meski Sering Juara Diluar Kabupaten, Di Sumedang Dianggap Tak Dihargai

Kota, Koran Sumedang
Minimnya anggaran yang diberikan ke setiap SKPD di Kabupaten Sumedang, khususnya bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dinilai sangat jomplang. Padahal, guru~guru PAUD dinilai berprestasi di ajang tingkat Nasional meraih juara dua di ajang tingkat provinsi meraih juara satu dalam Tim Instruktur Nasional (TIN), meski anggaran sangat minim di tahun 2018 lalu hanya Rp 150 juta. Tragisnya, di tahun sekarang 2019 anggaran sama sekali tidak ada.

“Di Bidang PAUD ada beberapa jenis, ada PAUD Kober, PAUD TK dan PAUD Dikmas seperti PKBM, paket C, lembaga kursus. Saya sendiri khusus mengelola mutu dan kualitas guru PAUD, dan tiap tahun guru guru tersebut harus dinilai dan mengikuti ujian, materi dan tempat sudah ditunjuk oleh kementerian Pendidikan, disini mengusulkan berapa orang yang harus mengikuti ujian tersebut itupun setelah kami seleksi,” ujar kepala Seksi Pendidik Tenaga Kependidikan PAUD Dikmas di Bidang PAUD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Muhamad Budi Akbar, saat dikonfirmasi Koran Sumedang, Kamis (31/1), di ruang kerjanya.

Di Kabupaten Sumedang ini, kata Budi, tiap tahunnya selalu menghasilkan guru guru PAUD yang berkualitas, untuk tahun kemarin saja, di tingkat Nasional meriah juara dua dan di tingkat Jawa Barat juara dua, meski dengan anggaran yang sangat minim bahkan hampir tidak ada anggaran untuk di bidang PAUD ini.

“Kadang kami suka malu ketika para guru guru PAUD mengundang kami, yang seharusnya pihak Dinas Pendidikanlah yang harus memfasilitasi, bukan malah sebaliknya. Sangat prihatin sekali di tahun 2019 ini, anggaran tidak ada sementara, pengembangan pendidikan, meningkatkan mutu kwalitas guru PAUD itu harus dengan anggaran, dan perlu di ketahui guru PAUD di Kabupaten Sumedang nilainya diatas rata rata, kemarin saja dengan nilai kategori Rerata Nilai Post test tertinggi 83,00. Sementara, yang wajib nilai minimal enam,” keluhnya.**[Dady]
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment