Ratusan Pelajar Se Sumedang Ikuti Pendidikan Politik

Kota, KORAN SUMEDANG
Ratusan pelajar dari berbagai sekolah SMA, SMK dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Sumedang, mengikuti pendidikan politik yang dilaksanakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang, di Hotel Handayani, Kamis (28/2).

Menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Rohayah Atang mengatakan, penyelenggara pendidikan politik ini merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan dalam hal ini dilaksanakan oleh Kesbangpol Kabupaten Sumedang. Dan untuk hari ini kita berikan pendidikan politik kepada para pelajar, karena pelajar merupakan para pemilih pemula yang sangat memerlukan pendidikan dalam hal politik. Sebagaimana diamanatkan dalam UU No 7 Tahun 2017tentang Pemilihan Umum.

"Dan untuk pemilih pemula dan pemilih muda hasil Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, terdapat 30,50 persen. Dimana yang mencapai usia 20 tahun ada 9 persen dan 21 sampai dengan 31 ada 21 persen lebih," ujarnya pada Korsum

Lebih lanjut, Yayah mengatakan, pemuda merupakan bagian dari proses penguatan kehidupan demokrasi, serta upaya mewujudkan pemerintah yang efektif dan efisien.

"Oleh karena itu proses demokrasi harus berjalan dengan terstruktur dan terlembaga. Hal itu akan dapat tercapai apabila seluruh komponen bangsa saling bahu membahu mendukung pelaksanaan tahapan pemilu khususnya para kaum muda,"

Yayah juga menambahkan, generasi muda atau pemilih pemula diharapkan bisa memahami dinamika yang terjadi pada politik yang sedang berlangsung. Pemilihan pemula juga harus memiliki dasar sesuai dengan karakter bangsa indonesia. Sehingga pendidikan politik bagi pemilih pemula bisa dijadikan filter terhadap pemikiran baru.

"Dengan adanya pendidikan politik ini saya berpesan, agar generasi muda terus menjaga kondisifitas di tempat tinggalnya. Memahami dan menguasai aturan terkait pemilu, dan selanjutnya segera diinformasikan ke masyarakat dalam berbagai kesempatan. Agar dapat mendorong meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemungutan suara di Pemilu 2019," pungkasnya

Sementara itu pada kegiatan Pendidikan Politik dengan tema "Kita mewujudkan pemilih umum yang berkualitas dan berintegritas di Kabupaten Sumedang," diikuti oleh 157 peserta dari para pelajar di SMS dan SMK, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Adapun  nara sumber pada kegiatan tersebut yaitu Kasubdit Pendidikan Etika dan Budaya Politik Kemendagri , Cahyo Ariawan, SH, MM, Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, serta dari Lembaga survei.  ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment