Selisih Satu Suara Yadi Taryadi Terpilih Jadi Kades PAW Margamekar

Sumsel, KORAN SUMEDANG
Yadi Taryadi tepilih menjadi Kepala Desa pada pencoblosan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antara Waktu (PAW) periode 2015-2021
yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan.

"Alhamdulillah pencoblosan kades PAW hari ini berjalan dengan lancar dan aman. Dengan dua orang calon dimana perolehan suaranya yaitu untuk nomer satu Yadi Taryadi dengan perolehan suara 61 orang dan nomer dua yaitu Yusep Nugraha dengan perolehan suara 60 orang. Walaupun perolehan suara tipis tapi alhamdulillah kedua pihak bisa menerimanya," ujar Plt Kades Desa Margamekar, Kiki Hakiki  saat dikonfirmasi Korsum usai melaksanakan pencoblosan di Aula Desa Margamekar, Rabu (6/2).

Lebih lanjut Kiki mengatakan, pencoblosan kades PAW ini dilaksanakan oleh perwakilan masyarakat yang berjumlah 122 orang dari desa Margamekar.

"Jadi pemilihan ini tidak melibatkan seluruh masyarakat. Melainkan melibatkan seluruh perangkat desa, BPD, para Ketau RW dan RT dan seluruh unsur tokoh tokoh yang ada di Desa Margamekar. Jadi walaupun hanya 122 pemilih, tetapi ini merupakan perwakilan dari seluruh masyarakat, dimana sebelumnya untuk penentuan pemilih ini sudah melalui rapat rapat baik di tingkat Desa dan RT/RW," ucapnya

Kiki menambahkan, hasil dari pemilihan hari ini, nantinya panitia akan melaporkan ke BPD, kemudian BPD akan melaporkan ke Camat selanjutnya akan dilaporkan ke Bupati untuk mendapatkan SK pelantikan.

"Untuk pelantikan kita menunggu SK dari bupati terhadap kepala desa PAW Margamekar periode 2015-2021," pungkasnya

Ditempat yang sama, Camat Sumedang Selatan mengatakan, Heri Dewantara mengatakan, pihaknya berharap agar hasil ini diterima oleh masyarakat desa Margamekar.

"Karena ini merupakan hasil demokrasi, saya berharap hasilnya bisa diterima oleh masyarakat dan juga bagi kepala Desa yang Tidak terpilih agar legowo. Karena mungkin saat ini belum saatnya terpilih," ucapnya

Heri juga berharap, agar Kades PAW terpilih bisa menjalankan tugasnya dengan amanah, bisa membangun Desa Margamekar yang lebih baik.

"Saya juga berharap bagi Kades terpilih bisa melanjutkan program sesuai dengan RPJMDes bisa dilanjutkan. Dan juga bisa bersinergi dengan program bupati dengan visi misi Bupati yaitu Sumedang Simpati," pungkasnya

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), H. Nuryadin mengatakan, saat ini di Kabupaten Sumedang terdapat tiga desa yang melakukan pencoblosan kades PAW yaitu Desa Margamekar, Mekarahayu Kecamatan Sumedang Selatan dan Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta.

"Ketiga kepala desa itu merupakan kepala desa yang masa jabatannya periode 2015-2021. Dimana para kepala Desa tersebut mengundurkan diri karena mengikuti Pemilu Calon Legislatif pada Pemilu 2019 ini," tuturnya

Untuk Kades yang mengundurkan diri karena mengikuti pencalegan, lanjutnya, sesui ketentuan Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Karena sisa masa jabatan masih lebih satu tahun. Itu harus diganti dengan Kades PAW dan kurang dari satu tahun itu dijabat.

"Ini sudah ketentuan makanya dilakukan pemilih Kades PAW. Saat ini baru desa Margamekar sudah selesai, dan alhamdulillah berjalan lancar dan aman. Saya berharap untuk dua desa lagi bisa berjalan lancar dan aman, seperti yang terjadi di Desa Margamekar," harapnya **[Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment