Tak Miliki IMB Satpol PP Segel Perumahan Golden Park Parigi

Sumsel, KORAN SUMEDANG
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang, menyegel perumahan Golden Park Parigi yang terletak di Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan, karena tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Hal tersebut diungkapkan oleh,
Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan selaku Penyidik (PPNS) pada Bidang Penegakan Peraturan Perundang Undangan Daerah (PPPUD) Satpol PP Kabupaten Sumedang, Dadi Kusnadi bahwa, penyegelan terhadap perumahan Golden Park Parigi tersebut, dikarenakan perumahan tersebut tidak memiliki IMB. Sehingga melanggar Peraturan Daerah (Perda) No 15 Tahun 2011 tentang bangunan gedung.

"Pihaknya mendapatkan pengaduan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bahwa perumahan tersebut belum mempunyai IMB. Kita sudah berupaya mengundang beberapa pihak, termasuk manajemen perumahan untuk menindaklanjuti pengaduan tersebut. Akan tetapi tidak ada itikad baik dari manajemen dalam artian mereka tidak datang. Dan kemarin kita kroscek kembali ternyata perumahan tersebut belum juga memenuhi perijinan IMB, makanya kita lakukan penyegelan," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum, usai melaksanakan penyegelan, Rabu (13/2).

Lebih lanjut Dadi mengatakan, sebagai penegak hukum dalam artian sebagai penegakan Peraturan Daerah (Perda), pihaknya melakukan penyegelan perumahan tersebut karena tidak kunjung menyelesaikan perijinannya.

"Penyegelan terhadap perumahan tersebut tidak semuanya disegel, karena ada sebagian perumahan yang sudah terjual dan ditempati. Jadinya ada 9 unit yang kita kasih garis pembatas (Police line) termasuk kantor pemasarannya yang memang sudah dalam keadaan kosong. " tuturnya

Untuk proses penyegelan tersebut, lanjut Dadi, pihaknya masih menunggu pro aktif dari pihak manajemen perumahan. Dan segel tersebut akan tetap terpasang, hingga pihak manajemen mau menempuh perijinannya.

"Kalaupun nanti pihak manajemen datang, tentunya kita akan menyelesaikan baik secara non yustisial maupun yustisi. Dan segel tersebut akan dibuka kalau pihak manajemen bisa menunjukkan IMB perumahan tersebut," tegasnya

Dadi juga menambahkan, bisnis properti di Kabupaten Sumedang saat ini sedang menggeliat, dimana terdapat beberapa lokasi yang melakukan aktifitas pembangunan perumahan. Dan kita terus meninjau aktifitas tersebut untuk memastikan perijinannya sudah terpenuhi.

"Untuk yang lain setelah kita kroscek memang sudah memenuhi perijinannya. Adapun yang memang ketahuan belum memenuhi atau masih dalam tahapan, kita instruksikan untuk segera memenuhinya. Karena kita juga mendorong perkembangan investasi di Kabupaten Sumedang," pungkasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment