Kota, KORAN SUMEDANG
Sekitar 50 ribu kendaraan di Kabupaten Sumedang, akan dihapus datanya/dihilangkan dari sistem. Penghapusan tersebut dilakukan karena pemilik kendaraan tidak melakukan perpanjangan pajak kendaraan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretarisnya Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang, Asep Darmawan bahwa, di Kabupaten Sumedang ada sekitar 50 ribu kendaraan roda dua dan empat yang rencananya akan dihapus dari sistem.

"Kenapa dihapus, karena para pemilik kendaraan tidak melakukan pembayaran pajak selama dua tahun. Jadi yang dihapus itu kendaraan yang sudah lima tahun habis dan dua tahun berikutnya tidak juga membayar pajak kendaraan," terangnya saat dikonfirmasi Korsum, Gedung BPKA Kabupaten Sumedang, Kamis (20/3).

Sementara itu untuk kendaraan bermotor yang Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) di Kabupaten Sumedang, mencapai 100.7000 kendaraan bermotor.

"Dengan 100.7000 kendaraan yang tidak melakukan KTMDU itu berdampak berkurangnya pendapatan keuangan daerah dari dan bagi hasil. Dan kalau diuangkan diangka Rp. 11 miliar," ujarnya

Sementara untuk menekan angka KTMDU tersebut, lanjut Asep, pihaknya sudah melakukan berbagi upaya, seperti mengintruksikan kepada para camat agar menyampaikan saat minggon menyampaikan kepada masyarakat agar segera membayar pajak kendaraan bermotor.

"Selain itu juga pa Sekda sudah mengintruksikan terhadap para Kepala Dinas, untuk membayar kendaraan Dinasnya. Selain itu juga ada sapari sosialisasi di lima wilayah yang melibatkan pihak Samsat. Dan bukan hanya itu kita juga sudah menyediakan pelayanan pajak kendaraan di Bappenda yang dibuka setiap hari jumat," tandasnya ** [Acep Shandy].