Kota, KORAN SUMEDANG.
Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan nomor:SE.1/AJ.502/DRJD/2019 tentang perubahan penggunaan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor berupa buku uji dan tanda uji.
   
“Didalam peraturan Mentri Perhubungan Nomor:133 tahun 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor  bahwa bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor diberikan dalam bentuk kartu uji dan tanda uji,”ungkap Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Sule Sulaiman Ama.PKB saat dikonfirmasi Koran Sumedang Kamis (21/3) di ruang kerjanya.
   
Ia melanjutkan perubahan atas peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor:2874/AJ.402/DRJD/2017 tentang pedomaan teknis bukti lulus uji berkala bahwa perubahan penggunaan buku uji, tanda uji dan tanda samping kendaraan bermotor menjadi kartu uji dan tanda uji dilakukan secara bertahap sampai dengan 31 Desember 2018.
   
“Berangkat dari surat edaran Mentri Perhubungan Darat tersebut maka untuk kendaraan bukti lulus uji dan tanda uji di Kabupaten Sumedang direncakan akan di gantikan dengan kata lain Smart Card. Yang mana Smart Card itu didalam nya ada data kendaraan yang mampu membuat sistem pendokumentasian data kendaraan wajib uji terstuktur dan rapi,”jelasnya.
   
Ia menambahkan, juga mampu meningkatkan efektifitas dan efesiensi pelayanan serta mendukung upaya tertib administrasi pengujian kendaraan bermotor sesuai SOP yang berlaku.
   
“Selain itu Smart Card akan mampu menyajikan data secara cepat dan akurat sera informasi masyarakat secara realtime dapat tersajikan. Dengan adanya rencana ini, semoga semuanya berkalan sesuai harapan, terkait dengan teknis nya nanti dan peralatan uji kendaraan masih dalam proses kordinasi dengan Dinas perhubungan provinsi dan Dirjen Perhubungan Darat,”ujarnya.
   
Dikatakan Sule, bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengujian Kendaraan Bernotor (PKB) merupakan sistem pengujian terkomputerisasi, terkoneksi dengan database taman kendaraan e-PKB, Integrasi cetak hasil uji dengan sistem Smart Card dan pembayaran retribusi uji dengan sistem pembayaran online.**[Dady].