Kota, Koran Sumedang
Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI di Wilayah Kodim 0610/Sumedang mengusung tema "Melalui Silaturahmi Dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan Dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari anggota TNI dan PNS Kodim 0610/Sumedang, Perwakilan Persit KCK cab XXI Kodim 0610/Sumefang, GM FKPPI, PIVERI, LVRI, PPAD, PERIP dan Warakawuri, yang dilaksanakan di Aula Juang Apet Kodim 0610/Sunedang. Senin (25/03/2019)

Dalam pengarahannya Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Noviato Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada elemen masyarakat berserta intansi terkait yang telah berpartisipasi dalam terciptanya situasi kondusif di wilayah Kabupaten Sumedang.

Harapannya prestasi dan keberhasilan yang kita raih selama ini dapat kita terus tingkatkan dimasa yang akan datang.

Situasi dan kondisi yang harus kita hadapi adalah masalah yang mengendap pada berbagai aspek kehidupan. Ancaman gangguan, halangan dan tantangan hal ini tentunya menimbulkan konsekuensi bagi kita untuk terus melakukan kerjasama dan kemitraan yang sinergis, antara aparat dan seluruh elemen masyarakat khususnya keluarga besar TNI yang ada di Kabupaten Sumedang. Agar semua tantangan yang kita hadapi secara komprehensip tuntas dan tidak berkembang secara meluas. Ucap Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han).

Guna memperkuat  hubungan dari kerjasama, berbagai pihak telah menindaklanjuti dengan menjalin kesepakatan bersama antara lain penghentian kekerasan fisik dalam mengatasi konflik sosial dengan sistim peringatan dini.

Hal ini bertujuan agar penanganan terhadap setiap akar permasalahan dapat berjalan efektif terpadu sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Dalam menghadapi agenda nasional yaitu pemilu 2019, kegiatan pertahapan sudah dilakukan,  tentunya kita harus siap menghadapi dan mengatasi dinamika-dinamika yang akan terjadi. Tambahnya.

Menyikapi permasalahan di atas, Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) menegaskan, TNI dan Keluarga Besar TNI harus tetap berpegang teguh dan berpedoman kepada prinsip netralitas dengan tidak memihak kepada salah satu pihak. Serta mampu melakukan langkah langkah kooperatif sehingga potensi konplik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin. Ujarnya. **(F. Arif)