KPU Tak Batasi Jumlah Massa Kampanye Terbuka


 Kota, KORAN SUMEDANG
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah menentukan jadwal kampanye rapat umum terbuka yang mulai diselenggarakan mulai 24 Maret hingga 13 April 2019. Dari 16 Parpol nasional, Partai Garuda dibatalkan keikitsertaannya di Kabupaten Sumedang, karena tidak melaporkan LADK.
Menurut Divisi Hukum dan Pengawasan pada KPU Sumedang, Asep Wawan, KPU RI telah menentukan jadwal rapat umum terbuka. Sementara untuk  KPU Sumedang saat ini telah melakukan penentuan lokasinya bersama seluruh unsur Parpol peserta Pemilu.
"Setiap dapil itu sudah ditentukan lokasinya yakni di lapangan terbuka atau lapang bola, disini komunikasi antar partai pengusung Capres-cawapres sangat penting. Misalkan dalam waktu dua hari pertama adalah waktunya bagi parpol pengusung capres 02, maka dua hari kedepan giliran parpol pengusung capres 01, dan itu boleh dilakukan di semua Dapil," ujarnya, saat dikonfirmasi Korsum, disela kegiatan rapat koordinasi Kampanye Terbuka dengan anggota Parpol, di Gedung PKK Kabupaten Sumedang, Jumat (22/3).
Adapun secara teknis, lanjut Asep, satu parpol peserta Pemilu diberikan 5 kali kesempatan untuk melakukan rapat umum terbuka. Parpol pengusung Capres-cawapres menjadi kunci utama dalam penyesuaian lokasi kampanye.
"Ada dua opsi, pertama, kesepakatan antar parpol pengusung Capres-cawapres, sementara opsi kedua atas dasar pengundian. Akan tetapi tadi telah diputuskan, bahwa semua dapil akan kebagian tempat untuk kampanye. Tetapi kita juga memberikan asas keberimbangan pada Partai Garuda tingkat provinsi atau pusat di dua kecamatan, diantaranya, Tomo dan Surian, sebagai tempat untuk melakukan kampanyenya," tuturnya.
Asep juga menambahkan, kampanye terbuka akan ramai dengan massa yang banyak. Oleh sebab itu, bagi massa pendukung parpol yang akan melakukan konvoi rombongan, wajib melaporkan ke pihak Kepolisian pada waktu keberangkatan maupun pulang. Selain itu KPU juga tidak membatasi jumlah massa yang hadir. Akan tetapi untuk jumlah masa yang hadir diharapkan disesuaikan dengan daya tampung area yang digunakan.
"Konvoi diperbolehkan, asalkan menaati peraturan lalulintas, seperti harus paket helm, jangan melawan arus, boncengan bertiga, tidak membawa senjata tajam dan minuman keras apalagi obat-obatan terlarang. Yang penting harus tertib lah, tidak ada gesekan-gesekan, tidak menggangu pengguna jalan dan arus lalu lintas. Dan untuk waktu kampanye dimulai pukul 09:00 wib sampai dengan pukul 18:00 wib," tandasnya.**[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment