Ormas Harus Berperan Tepat dalam Mendukung Pembangunan di Sumedang

Kota, KORAN SUMEDANG
Guna terwujudnya kebersamaan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam memelihara keutuhan persatuan dan kesatuan di Masyarakat. Serta menjaga kondisifitas dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang melakukan kegiatan Kemitraan Ormas dengan tema " Ciptakan Suasana Kondusif Menuju Pemilu 2019 di Kabupaten Sumedang" yang dilaksanakan di Islamic Center, Senin (25/3).

Pada sambutannya Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Yayah Rohayah Atang mengatakan, kemitraan ormas ini merupakan salah satu kegiatan silaturahmi antar Pemerintah dengan Ormas yang memiliki tujuan kerjasama antar ormas dalam mempercepat reformasi menuju arah pembaharuan yang lebih baik.

"Kegiatan kemitraan Ormas pada tahun 2019 ini sangat penting, mengingat saat ini ada beberapa regulasi regulasi ormas yang perlu diketahui, difahami dan dilaksanakan. Yaitu antara lain dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 tahun 2016 tentang pelaksanaan Undang undang nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas, serta Undang undang Nomor 16 tahun 2017 tentang penetapan Perpu nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan Undang undang nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas mejadi Undang undang," ujarnya

Lebih lanjut, Rohayah mengatakan,
dengan dibentuknya ormas bertujuan agar dapat menciptakan suasana kebersamaan yang kondusif, aman dan sejuk di Kabupaten Sumedang. Selain itu juga guna mewujudkan kebersamaan pemerintah dengan ormas demi menjaga kondusifitas daerah dalam bingkai negara serta menyatukan langkah dan persepsi. Selain itu kemitraan ormas juga untuk mewujudkan komunikasi antar ormas dengan ormas lain serta pemerintah dengan ormas sendiri.

"Semoga semua ormas dapat berkiprah dalam pembangunan Sumedang, sesuai dengan aturan organisasi masing masing yang meskipun berbeda ideologinya sama yaitu pancasila, dan landasannya pun sama, tujuan ormas di bentuk untuk mewujudkan pembangunan di lingkungannya masing-masing, agar masyarakat sadar seberapa pentingnya program pemerintah yang sudah dibentuk," ujarnya

Sementara tujuan kegitan kemitraan Ormas ini, lanjutnya lagi, untuk mewujudkan pembangunan nasional, menyatukan langkah dan persepsi untuk mencapai tujuan sesui dengan perundang undangan yang berlaku. Serta terwujudnya komunikasi dan kerjasama ormas dengan ormas dan juga ormas dengan pemerintah, guna lebih memantapkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

"Di Sumedang, terdapat 190 ormas aktif yang tergabung dalam latar belakang ormas yang berbeda beda seperti ormas agama, HAM, dan juga nasionalisme. Mudah mudahan dengan kegiatan ini komunikasi, kerjasama dan kebersamaan antar ormas di Sumedang makin mantap," ucapnya

Rohayah juga berharap, melalui kegiatan kemitraan ormas ini juga, bisa membentuk forum silaturahmi ormas di Kabupaten Sumedang. Sehingga hubungan kemitraan ormas dengan pemerintah lebih optimal.

"Dan ormas juga harus mengambil tempat yang tepat di masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sumedang," tandasnya

Sementara itu pada kegiatan kemitraan ormas tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan Ormas yang ada di Kabupaten Sumedang. Adapun para nara sumber pada kegiatan tersebut yaitu dari Akademisi UNPAD, Polres Sumedang, Kodim 0610/Sumedang dan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumedang. *** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment